10 Poin Keamanan Yang Perlu Diperhatikan Saat Berwisata

  • Whatsapp
Pagar pengaman
Pagar pengaman dibangun mengelilingi kawasan wisata Tanah Lot, Tabanan.
banner 468x60

Saat menikmati liburan di destinasi wisata atau mengunjungi keramaian seperti bar, restoran atau pusat perbelanjaan di kawasan wisata, selalulah berhati-hati untuk mencegah hal-hal tak diinginkan terjadi. Memang dimana-mana akan selalu ada bahaya atau peluang kriminal yang mengancam.

Risiko dijambret atau dicopet dapat diminimalkan dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan sederhana. Demi keamanan dan kenyamanan Anda selama berwisata atau menikmati liburan, perhatikan hal-hal penting berikut ini:

Keamanan barang bawaan

1. Gunakan tas selempang

Ada baiknya menggunakan tas selempang agar lebih aman dibandingkan tas bahu atau tas tangan. Hal ini dapat mencegah orang (yang berniat jahat) mengambil tas Anda saat mereka berlari atau berkendara. Ada banyak model tas yang mendukung faktor keamanan saat bewisata.

2. Taruh uang Anda dengan pintar

Membawa uang tunai dalam jumlah besar bukanlah sebuah ide yang baik.. Jika Anda benar-benar harus menarik uang tunai dalam jumlah besar sekaligus, simpan dalam keadaan terkunci dengan aman di hotel Anda tempat menginap dan bawa hanya sejumlah yang Anda butuhkan pada hari itu.

3. Menarik dana di ATM

Ketika menggunakan fasilitas ATM, bila memungkinkan, cobalah untuk hanya menggunakan ATM yang berdekatan dengan kantor bank karena kecil kemungkinannya untuk dirusak oleh scammers, atau ajak teman untuk mengawasi ketika Anda menarik dana.

4. Pisahkan uang Anda

Usahakan tidak menyimpan semua uang Anda di dalam satu tempat. Uang tunai dan kartu debit atau kartu kredit sebaiknya disimpan di dua atau lebih tempat berbeda sehingga jika salah satunya dicuri, Anda tidak akan kelabakan. Dan kalaupun musibah itu terjadi, segeral lapor polisi dan blokir rekening bank Anda.

5. Usahakan tak memakai perhiasan mencolok

Mengenakan perhiasan yang mahal dan mencolok bisa menjadikan diri Anda salah satu target menarik bagi aksi jambret atau pencopetan. Sebaiknya simpan saja di rumah, apalagi jika berencana bepergian ke daerah ramai! Sebagai alternatif, bisa digunakan perhiasan imitasi yang serupa.

 Masalah keselamatan

6. Berenang di Pantai

Saat berenang di pantai, perhatikan tanda-tanda berupa bendera peringatan pantai. Area aman untuk berenang adalah antara dua bendera merah-kuning karena diawasi oleh penyelamat pantai (Balawista). Bendera merah—dilarang untuk berenang; dobel merah—perairan ditutup untuk umum; bendera kuning—berbahaya sedang (untuk surfing dan atau arus sedang); bendera hijau—berbahaya rendah (kondisi tenang); dan bendera ungu—ada kehadiran hama laut seperti ubur-ubur, pari atau ikan berbahaya).

7. Berkunjung ke hutan kera

Bila berkunjung ke objek wisata hutan kera, amankan barang-barang bawaan Anda seperti kamera, kaca mata, jam tangan, dompet dan hape. Ada kera-kera yang biasanya pintar mencari kesempatan untuk mencuri. Barang curian tersebut kemudian ditahan dengan minta tebusan berupa makanan. Untuk amannya, ikuti petunjuk pemandu Anda atau petugas keamanan setempat.

8. Keamanan berswafoto

Perhatikan juga baik-baik soal kemanan saat berswafoto, khususnya di kawasan yang membelakangi jurang, laut atau tebing. Kalaupun sudah ada pagarnya, kewaspadaan tidak boleh berkurang. Usahakan jangan bersandar dan jaga jarak aman. Perhatikan juga rambu petunjuk di lokasi dan informasi petugas jaga.

9. Berinteraksi dengan pedagang acung

Bila saat berkunjung di objek wisata Anda dikerubuti oleh pedagang acung, sementara Anda tidak berminat untuk membeli, katakan dengan sopan bahwa Anda tidak berminat dan tetap ucapkan terima kasih.

10. Menukarkan valas

Bila kebetulan ingin menukarkan mata uang asing ke dalam rupiah, tukarkan ke konter penukaran uang resmi atau berizin yang ada kantornya. Bila terjadi masalah, Anda akan dengan mudah menemukannya. Jangan pernah mudah tergiur dengan nilai tukar yang tinggi. Terakhir, sebelum meninggalkan konter, periksa sekali lagi jumlah uang Anda apakah sudah sesuai dengan yang tertera pada kwitansi penukaran. Anda tidak akan dilayani bila komplin setelah meninggalkan konter tersebut.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60