Beberapa Istilah Dalam Perawatan Spa

  • Whatsapp
Ilustrasi perawatan spa
Ilustrasi perawatan spa (Kredit: Raphael Lovaski/Unsplash)
banner 468x60

Acupressure: Suatu jenis perawatan tubuh yang melibatkan tekanan pada titik-titik tertentu pada tubuh dengan jari, buku jari dan telapak tangan untuk menghilangkan rasa sakit, mengurangi stres, dan meningkatkan kesehatan yang optimal. Metode ini adalah bagian dari sistem pengobatan holistik tradisional Tiongkok yang juga mencakup akupunktur dan diturunkan di Tiongkok sekitar 5000 tahun yang lalu

Aqua Aerobic: Latihan aerobik ini dilakukan di genangan air dengan menggunakan dukungan dan ketahanan air untuk membakar lemak, memperkuat tulang, dan meningkatkan aktivitas kardiovaskular. Daya apung air mengurangi kemungkinan melukai sendi atau otot.

Aromatherapy: Penggunaan minyak esensial dari tanaman, pohon dan herbal, untuk keperluan terapi. Banyak digunakan dalam perawatan seperti pijat, perawatan muka termasuk jerawat dan membantu melancarkan sirkulasi darah, pencernaan, dan pengurangan stres secara keseluruhan.

Balneotherapy: adalah penggunaan air untuk mengembalikan dan merevitalisasi tubuh. Sejak dahulu, terapi ini sudah digunakan untuk meningkatkan sirkulasi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menghilangkan rasa sakit dan stres.

Blood Pressure: Tekanan yang diberikan oleh darah pada dinding-dinding arteri tubuh. Tekanan darah normal biasanya adalah 120/80.

Body conditioning: Semua bentuk program latihan yang berfokus pada pengkondisian tubuh secara keseluruhan. Pengkondisian tubuh secara rutin menggabungkan latihan untuk kekuatan dan fleksibilitas dan menggunakan peralatan latihan kekuatan dan latihan lantai.

Body Wrap (Herbal Wrap): Perawatan tubuh yang menggunakan lembaran kain yang direndam dalam teh herbal dan diselimutkan pada seluruh tubuh.

Cakra: dari Bahasa Sanskerta yang berarti ‘roda.’ Istilah ini digunakan dalam Ayurveda untuk pusat energi. Diyakini bahwa ada tujuh cakra yang terletak di sepanjang tulang belakang, masing-masing memiliki kualitas spesifik.

Chi Gong (Qigong): Metode Tiongkok kuno untuk menjaga kesehatan dengan membimbing dan menyeimbangkan energi atau chi, melalui pernapasan, gerakan, dan meditasi.

Color Therapy: Terapi berdasarkan konsep bahwa warna memiliki energi getaran yang dapat membantu memperbaiki ketidakseimbangan dalam tubuh. Terapi warna yang menggunakan warna di dalam ruangan, lampu, kristal, kain dan lain-lain bertujuan merawat kesehatan mental dan spiritual. Terapi ini berasal dari Mesir kuno.

Day Spa: Gerai spa yang menyediakan pengalaman mempercantik, bersantai, atau memanjakan diri yang dapat berlangsung selama satu jam atau mungkin sepanjang hari. Gerai ini bisa berdiri sendiri atau terhubung dengan klub kesehatan, hotel, atau pasar swalayan.

Detoxification (Detox): Istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan berbagai perawatan yang dimaksudkan untuk membersihkan tubuh dari racun.

Essential Oil: Cairan aromatik yang diekstrak dari bunga, rumput, buah-buahan, daun, akar, atau pohon. Minyak ini mempertahankan bau dan rasa, dan dengan demikian ini adalah esensi dari tanaman yang diekstraksi.

Green Tea: Teh yang daunnya berasal dari semak yang sama dengan teh hitam tetapi dipanaskan sebelum oksidasi (disebut fermentasi) selesai. Cara ini dapat mengurangi risiko kanker dan membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

Hatha Yoga: Cabang yoga yang dikhususkan untuk proses fisik (berbeda dengan orang lain yang fokus pada kebijaksanaan, meditasi, pelayanan, dan lain-lain) dan melibatkan pernapasan serta latihan fisik.

Hot Stone Massage: Perawatan di mana batu-batu yang dipanaskan diletakkan di atas atau digunakan untuk membelai area-area tubuh, seperti punggung, telapak tangan, dan di antara jari-jari kaki. Jenis pijatan ini dimaksudkan untuk mengendurkan otot-otot tegang.

Hydroteraphy: Istilah umum untuk prosedur terapeutik yang menggunakan air untuk berbagai keperluan, dari relaksasi hingga perawatan penyakit. Metode ini dapat mencakup pemandian Kneipp, pijat semprotan bawah air, pemandian khusus, pemandian mineral, thalassotherapy, dan masih banyak lagi.

Indian Head Massage: Pijat ini dilakukan berdasarkan prinsip Ayurvedik yang berfokus pada kulit kepala, wajah, leher, dan bahu untuk menghilangkan stres dan ketegangan serta menyehatkan kulit kepala.

Jacuzzi: adalah pemandian pusaran air yang pertama kali diperkenalkan oleh Roy Jacuzzi pada tahun 1968. Meskipun banyak perusahaan yang memroduksi pemandian pusaran air saat ini, Jacuzzi adalah nama merek dagang untuk penemuan ini.

Lomilomi: Teknik pijat Hawaii yang berasal dari budaya Polinesia kuno. Kadang-kadang pijatan ini juga disebut sebagai ‘tangan yang penuh kasih’ karena gerakannya yang lembut, terus mengalir dan berayun.

Lulur: Perawatan tubuh yang berevolusi dari upacara pernikahan tradisional Jawa, yang biasanya melibatkan pijatan minyak kelapa, pengelupasan kulit dengan campuran beras dan rempah-rempah harum, mandi bunga, dan pelembab yogurt.

Oxygen Facial: Perawatan ini melibatkan oksigen dan nutrisi lain yang diterapkan atau disemprotkan ke wajah. Dikatakan terapi ini membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.

Reflexology: Diperkenalkan sebagai terapi zona di Barat pada tahun 1913 oleh Dr. William Fitzgerald, dimana pijat refleksi ini didasarkan pada teknik kuno yang menggunakan pijatan titik-tekanan. Biasanya dilakukan pada kaki, tangan dan telinga, untuk mengembalikan aliran energi ke seluruh tubuh. Diyakini terapi in berguna untuk meredakan gejala sakit punggung, migrain, radang sendi, gangguan tidur, cedera dan stres.

Sauna: Ruang tertutup dan dipanaskan yang didesain untuk meningkatkan keringat dan sirkulasi, mengendurkan otot, dan melepaskan racun. Sering diikuti dengan mandi atau berendam di kolam untuk menenangkan diri.

Seaweed Wrap: Perawatan tubuh ini menggunakan air laut pekat dan rumput laut yang mengandung nutrisi termasuk mineral, elemen langka, vitamin, dan protein. Metode ini dikatakan untuk mendetoksifikasi dan meningkatkan sirkulasi.

Shiatsu: Dalam Bahasa Jepang berarti tekanan jari. Dalam teknik ini terapis memberikan tekanan ke titik-titik tertentu pada tubuh untuk menyimulasikan dan membuka blokir meridian (jalur di mana energi dikatakan mengalir). Mirip dengan akupresur, tetapi melibatkan latihan aktif dan pasif dan peregangan.

Shirodhara: Perawatan Ayurvedik ini berlangsung 7 hingga 10 menit di mana aliran minyak dituangkan di tengah dahi (pada ‘mata ketiga’) untuk membantu berfokus, berkonsentrasi, dan mengendurkan pikiran dan tubuh.

Spa: International Spa Association (ISPA) mendefinisikan kata spa sebagai perawatan yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan melalui berbagai layanan profesional yang mendorong pembaruan pikiran, tubuh dan jiwa. Spa adalah singkatan dari Bahasa Latin ‘solus per aqua’ yang berarti perawatan dengan air atau sehat pakai air.

Stress Management: Kombinasi latihan fisik, teknik relaksasi yang mendalam, dan teknik visualisasi yang dimaksudkan untuk mengurangi efek buruk stres pada tubuh.

Thalassotherapy: berbagai perawatan yang menggunakan air laut, rumput laut, dan elemen alami lainnya dari laut untuk mendapatkan manfaat terapeutik. Perawatannya termasuk pijat semprot bawah air, berbagai jenis mandi, mandi mineral, dan bungkus rumput laut atau ganggang.

Wellness: Keadaan individu yang menandakan kesehatan dan kualitas hidup yang positif, termasuk komponen fisik, mental, spiritual, dan emosional.

Whirlpool: Pemandian pusaran air dapat melengkapi layanan spa dengan menyediakan terapi pijatan air yang menghilangkan stres.

Yoga: Seni dan filosofi kuno yang melibatkan pikiran dan tubuh dan ditujukan untuk pengembangan diri dan realisasi diri. Latihan fisik yoga melibatkan latihan postur (asana).

banner 300x250

Related posts

banner 468x60