Kids Club di Hotel, Apa Pula Ini?

  • Whatsapp
Anak-anak sedang beraktivitas bersama
Ilustrasi anak-anak sedang beraktivitas bersama. (Foto: CDC/ Unsplash)
banner 468x60

KIDS Club adalah salah satu layanan yang disediakan oleh hotel (juga tersedia di luar hotel) untuk mentitipkan anak-anak dengan rentang usia 2-12 tahun karena orang tua mereka tidak memungkinkan mengajak mereka karena suatu alasan.

Sebaliknya, sang buah hati akan diajak beraktivitas dan dihibur oleh seorang profesional agar mereka mendapat mengalaman yang tak terlupakan.

Pembaca Nusaweek mungkin pernah atau sudah sering mendengar istilah Kid Club, Kidz Club, Kiddy Club atau berbagai varian lainnya. Kata lain dalam Bahasa Inggrisnya adalah daycare yang berarti tenpat penitipan anak.

Mengapa harus dititipkan? Mungkin karena kedua orang tua mereka bekerja, sementara di rumah tidak memiliki pengasuh. Atau juga mereka ada urusan mendesak yang mengharuskan tidak bisa mengajak sang buah hati.

Selain sebagai tempat penitipan anak, pada hakikatnya orang tua juga berlindung di sini karena mereka berdua tidak harus waspada setiap detik. Dengan menitipkan si anak di sana, orang tua tidak akan kehilangan ketenangan.

Kadang saat berlibur atau berwisata sang buah hati dititipkan di hotel atau vila tempat menginap. Bisa jadi karena kedua orang tua akan mengambil paket wisata yang tidak memungkinkan mengajak mereka, menghadiri pertemuan bisnis atau juga karena alasan lain.

Kegiatan di klub

Ketika anak-anak berada di tempat penitipan, mereka berada di bawah pengawasan dan perlindungan seorang profesional yang sudah paham betul tentang dunia dan keselamatan anak-anak.

Mereka diajak bermain, menyanyi atau bahkan mengikuti aktivitas sederhana dan ringan seperti menggambar, membuat kerajinan, memberi makan ikan di kolam kecil atau mendengarkan cerita dengan berbagai topik yang menarik bagi mereka.

Ada juga aktivitas interaktif yang mengambil beragam topik seperti kombinasi bercerita dan menggambar dengan tema kehidupan laut, nyamuk, penanganan sampah atau polusi plastik.

Intinya, anak-anak diajak mengisi hari-hari mereka dengan bermain yang bisa memberi hiburan tersendiri bagi mereka. Mereka dibuat tetap sibuk dan bahagia selama mereka tinggal hingga matahari tenggelam. Berbagai pilihan permainan, buku, dan aktivitas diberikan.

Bayar atau gratis?

Pada umumnya penitipan anak adalah aktivitas berbayar karena anak-anak juga mendapat beberapa manfaat seperti minum, makan siang, tidur siang dan pernak-pernik atau suvenir. Nah, bila digratiskan mungkin biaya layanan tersebut sudah dimasukkan kedalam harga sewa kamar.

Ada hotel yang memasang tarif per hari. Kemudian untuk mengambil layanan selama sekian hari berturut-turuat bisa mendapatkan tarif yang lebih murah.

Usia

Terkait dengan usia anak-anak yang diterima untuk layanan pentitipan, masing-masing mengisyaratkan rentang usia yang berbeda. Tetapi secara garis besarnya, mereka memasang pada rentangan 4-12 tahun.

Dengan menitipkan buah hati mereka, kedua orang tua mendapatkan lebih banyak waktu untuk diri mereka dan merasa yakin bahwa anak-anak mereka berada di tangan yang aman. Sementara, staf hotel yang berdedikasi dan siaga mengawasi dan menghibur tamu terkecil mereka tersebut agar mendapatkan pengalaman terbaik.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60