Pesona Pura Tanah Lot dan Matahari Tenggelamnya

  • Whatsapp
Pura Tanah Lot Menjelang Sore
Pura Tanah Lot Menjelang Sore
banner 468x60

PESONA matahari tenggelam sepertinya sudah menjadi bagian penting dalam deretan daya tarik wisata dan rencana perjalanan wisatawan dewasa ini. Sensasi keindahan tersebut kemudian diperkuat oleh latar belakang atau pendukung di sekitarnya.

Salah satu obyek wisata di Bali yang juga menawarkan pesona keindahan matahari tenggelam adalah Tanah Lot yang berlokasi di Desa Beraban, Kediri, Tabanan. Dengan berlatarbelakang keunikan Pura Tanah Lot yang bertengger di atas tebing batu karang yang kokoh, pemandangan tersebut menjadi lengkap dan mengesankan.

Pura Tanah Lot terletak 30 km sebelah barat Kota Denpasar dan sekitar 11 km sebelah selatan kota Tabanan. Pura ini dibangun oleh Danghyang Nirartha pada abad ke-16 guna menguatkan kepercayaan ajaran Hindu di Bali. Pura ini difungsikan untuk pemujaan Dewa Baruna atau Dewa Penguasa Laut.

Odalan atau hari raya peringatan pura ini jatuh setiap 210 hari sekali, sama seperti pura-pura lainnya yang berdasarkan pawukon. Jatuhnya setelah perayaan Kuningan yaitu Buda (Rabu) Cemeng Langkir. Prosesi perayaan dan umat yang sembahyang pada saat itu menjadi tontonan menarik, khususnya bagi fotografer.

Bila keadaan memungkinkan atau air laut sedang surut, Anda bisa berjalan-jalan turun di areal depan pura dan mengambil swafoto. Untuk kegiatan yang satu ini, Anda harus benar-benar memperhatikan faktor keselamatan diri seperti batu karang yang licin atau ombak yang datang tidak terduga. Lakukanlah di lokasi yang aman dan ikuti petunjuk petugas keamanan di lokasi.

Sebagai atraksi lainnya, Anda dapat berkunjung ke dalam goa ular laut yang berwarna belang hitam dan putih. Demi keamanan pengunjung juga, biasanya gua ini selalu dijaga seorang pawang atau pemangku. Atas jasa ini, Anda bisa berdonasi seikhlasnya.

Sambil menunggu waktu matahari terbenam, Anda bisa bersantai sambil menikmati segarnya es kelapa muda atau kue kelepon yang dijual oleh warga di sekitar Beraban. Warna kuenya juga variatif, yaitu berwarna hitam dari beras injin dan hijau alami dengan pewarna daun suji.

Di sebelah barat gerbang ke pantai, Anda bisa melanjutkan jalan-jalan untuk menikmati keindahan Pantai Tanah Lot. Pesona matahari tenggelam juga bisa disaksikan dari lokasi ini. Duduk-duduk sambil menikmati segarnya angin pantai pada sore hari tentunya sangat mengasyikkan setelah penat bekerja sepekan atau setahun.

Waktu baliknya, Anda bisa mampir di area toko seni. Siapa tahu ada pernik-pernik atau baju kaos yang cocok untuk oleh-oleh buat keluarga atau kerabat di kampung halaman. Sedangkan untuk kuliner tersedia di dekat area parkir. Fasilitas pendukung berupa area parkir yang luas, restoran dan hotel akan menambah kenyamanan tamu yang berkunjung.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60