Talas Rebus Toping Kelapa Parut dan Sirup

  • Whatsapp
Talas rebus
Talas rebus dengan toping kelapa parut dan sirup.
banner 468x60
  • TALAS rebus dapat menjadi salah satu camilan yang murah meriah namun bergizi.
  • Bila dikreasikan, talas rebus bisa lebih menarik dan memberi citarasa berbeda

Pembaca mungkin masih ingat ada pantun nasehat ini “Ada ubi ada talas, Ada budi ada balas.”  Artinya, setiap perbuatan seseorang akan mendapatkan balasan yang setimpal.”

Nah, di sini kita tidak akan bahas lebih lanjut tentang pantun ini. Namun, tentang citarasa dan ‘manfaat talas’ itu sendiri bagi mereka yang mengonsumsinya. Talas adalah salah satu tanaman penghasil umbi-umbian yang dikenal luas di tengah masyarakat Indonesia. Diperkirakan, tanaman ini sudah dibudidayakan sejak zaman purba.

Pada umumnya, talas dibudidayakan untuk dicari umbinya. Ia menjadi sumber karbohidrat alternatif penting selain beras. Bagaimana cara mengolahnya? Umbi talas tidak perlu pengolahan secara khusus. Cukup dilakukan dengan cara mengukus, merebus, memanggang atau menggoreng.

Sebagai alternatif, talas ini juga bisa diolah menjadi tepung, bubur atau beraneka ragam kue. Tentunya bagi mereka yang kreatif, banyak produk bisa dihasilkan dari bahan baku talas ini.

Bagi yang ingin praktis, cukup dengan merebus talas ini. Bila ukuran talas tersebut kecil-kecil, cukup dengan membersihkannya terlebih dahulu sebelum mengukus atau merebus. Tetapi bila ukurannya lebih besar, ada baiknya dipotong-potong atau dikupas agar matangnya merata atau tidak menunggu matang terlalu lama.

Setelah matang, hidangkan dengan kelapa parut ditambah gula aren sisir atau sirup. Jadi talas tersebut akan memberikan citarasa berbeda.

Manfaat talas

Talas rebus bisa dihidangkan sebagai camilan sambil minum teh atau kopi di sore hari atau kapan saja saat bersantai bersama keluarga. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari talas bagi kesehatan.

Membantu meningkatkan imunitas

Kandungan antioksidan alami berupa polifenol bermanfaat untuk mencegah kanker. Di samping itu, ia juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk membantu memperkuat tubuh dan menjaga tubuh dari gangguan kesehatan seperti batuk, flu, pilek dan sejenisnya.

Menjaga kesehatan mata

Talas mengandung betakarotin dan beragam vitamin. Salah satunya adalah vitamin A yang bermanfaat memelihara penglihatan agar lebih jernih dan mencegah katarak.

Mengatur Gula Darah

Talas mengandung banyak serat yang baik untuk dikonsumsi karena bisa membantu mengatur kadar insulin dan glukosa di dalam tubuh. Dengan sendirinya, ia membantu mengurangi risiko terhadap atau mencegah penyakit diabetes.

Mengatur berat badan

Talas mengandung serat yang tinggi. Ia dapat memperlambat pengosongan perut sehingga membuat kita kenyang lebih lama sehingga membantu mengurangi jumlah asupan kalori sepanjang hari. Karena itulah, ia cocok untuk membantu menurunkan berat badan.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60