Tato Henna Indah Dipandang, Percantik Penampilan

  • Whatsapp
tato henna
Ilustrasi tato henna (Foto: Khalid Hamid on Pixabay)
banner 468x60
  • TATO henna bisa menjadi alternatif bagi mereka yang ingin tato bersifat sementara dan tidak berani menahan rasa sakit tusukan jarum tato.
  • Selain digunakan dalam tradisi menjelang pernikahan di India, kini tato henna juga digemari kalangan yang lebih luas dengan motif yang lebih beragam

Selain seni tato permanen, ada juga tato temporer sebagai bagian dari tatarias yang lebih dikenal dengan tato henna. Seni riasan diri pada telapak tangan dan kuku ini menjadi populer di kalangan perempuan Barat pada akhir tahun 1990-an berkat kehadiran industri perfilman dan hiburan India.

Seni tato temporer henna ini berakar pada tradisi zaman India Kuno yang dikenal dengan mehndi. Pastanya dibuat dari daun henna (Lawsonia inermis) yang ditumbuk atau dikeringkan menjadi bubuk. Kemudian dicampur dengan air, air teh, atau air lemon. Setelah itu, tinta buatan ini dituliskan dengan tusuk gigi atau alat lain pada bagian yang ingin dibuat tato henna hingga mengering.

Sementara itu, warna henna yang paling sering digunakan adalah coklat. Terkadang seniman henna juga memadukannya dengan warna-warna lain seperti putih, merah, hitam dan keemasan agar kelihatan lebih menarik dan cantik.

Di luar India, seni tato temporer ini juga berkembang dan menjadi populer di kalangan kaum perempuan yang ingin tampil berbeda seperti di negara Bangladesh, Pakistan, Nepal, Maladewa, Afrika, dan Timur Tengah.

Seni tato temporer ini bisa menjadi pilihan bagi yang tidak menginginkan tato permanen atau tidak berani menahan rasa sakit akibat tusukan jarum tato. Begitu merasa bosan, tato ini bisa dihapus atau diganti dengan motif lain.

Dalam tradisi India, seni tato temporer untuk pernikahan cukup lazim di kalangan masyarakat Hindu, seperti pernikahan Namboodiri serta beberapa festival Hindu seperti Karva Chauth, Vat Purnima, Diwali, Navraathri, Durga Pooja dan lain-lain.

Pada perkembangan selanjutnya, tato henna tidak hanya sebatas dibuat di telapak tangan, kuku atau punggung tangan, namun juga meluas hingga ke bagian tubuh lainnya seperti kaki, betis, paha, lengan atau pundak bahkan juga alis.

Dilihat dari segi motif, beberapa ornamen yang popular adalah bunga-bungaan seperti lotus atau bunga lainnya beserta sulur-sulurnya dan beberapa noktah, ada juga sepasang angsa serta benda angkasa seperti matahari dan bintang yang dibuat artistik.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60