Uang Kertas TE 2022 Tampilkan Ragam Budaya dan Destinasi Wisata Indonesia

  • Whatsapp
Uang baru TE2022
Ketujuh uang kerta yand diterbitkan oleh pemerintah pada tahun 2022. (Foto: bi.go.id)
banner 468x60

Serangkaian dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77, Bank Indonesia menerbitkan 7 uang kertas baru dengan Tahun Emisi (TE) 2022. Semua uang kertas tersebut didesain dengan nuansa warna yang sama namun lebih cerah dibandingkan tahun-tahun emisi sebelumnya.

Menariknya lagi, selain mengabadikan sosok pahlawan nasional, uang kertas baru tersebut juga menampilkan keragaman Indonesia. Di situ ada keragaman hayati, budaya (dalam hal ini tarian daerah), flora nusantara dan destinasi wisata Indonesia.

Secara garis besarnya, pada bagian depan ditampilkan tokoh pahlawan nasional dan lambang negara Garuda Indonesia, kekayaan flora serta beberapa motif khas Indonesia. Keragaman kekayaan Indonesia yang bisa menjadi daya tarik wisata Indonesia ini ditampilkan pada bagian belakang.

Berikut ini adalah ketujuh uang kertas baru tersebut dengan tahun emisi 2022.

Pecahan Rp 100.000,00

Bagian depan menampilkan gambar utama berupa Tokoh Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs Mohammad Hatta.

Bagian belakang menampilkan Tari Topeng khas Betawi, keindahan alam Raja Ampat, serta dipercantik dengan kemolekan Bunga Anggrek Bulan yang dikenal sebagai Puspa Pesona.

Pecahan Rp 50.000,00​

Gambar utama pada bagian depan adalah Tokoh Pahlawan Nasional Republik Indonesia Ir. H. Djuanda Kartawidjaja. Sementara itu, pada bagian belakangnya ada Tari Legong yang bersanding dengan keindahan alam Taman Nasional Komodo dan keanggunan Bunga Jepun (kamboja) Bali.

Pecahan Rp 20.000,00​

Gambar utama pada bagian depan menampilkan Tokoh Pahlawan Nasional Dr. G.S.S.J. Ratulangi. Lalu, pada bagian belakangnya ditampilkan Tari Gong yang bersanding dengan keindahan alam Derawan serta keanggunan Bunga Anggrek Hitam.

Pecahan Rp 10.000,00​

Tokoh Pahlawan Nasional Republik Indonesia Frans Kaisiepo ditampilkan sebagai gambar utama pada bagian depan. Lalu pada bagian belakang ditampilkan Tari Pakarena yang bersanding dengan keindahan alam Taman Nasional Wakatobi serta keanggunan Bunga Cempaka Hutan Kasar. Di samping itu, bagian belakang juga diperindah dengan Motif Ne’Limbongan Toraja dan Motif Pa’Barana.

Pecahan Rp 5.000,00​

Bagian depan menampilkan Tokoh Pahlawan Nasional Republik Indonesia Dr. K.H. Idham Chalid. Sementara pada bagian belakang ada Tari Gambyong yang bersanding dengan keindahan alam Gunung Bromo serta keanggunan Bunga Sedap Malam.

Pecahan Rp 2.000,00​

Pada bagian depannya, uang pecahan ini menampilkan Tokoh Pahlawan Nasional Republik Indonesia Mohammad Hoesni Thamrin. Sedang pada bagian belakang ada Tari Piring yang bersanding dengan keindahan alam Ngarai Sianok, serta keanggunan Bunga Jeumpa.

Pecahan Rp 1.000,00​

Terakhir, bagian depan dari uang pecahan Rp 1.000,00 menampilkan Tokoh Pahlawan Nasional Republik Indonesia Tjut Meutia. Sedangkan bagian belakang menampilkan Tari Tifa yang bersanding dengan keindahan alam Banda Neira, serta  keelokan Bunga Anggrek Larat.

Referensi: https://www.bi.go.id/id/rupiah/gambar-uang/default.aspx

banner 300x250

Related posts

banner 468x60