9 Manfaat Latihan Yoga Bagi Kesehatan

  • Whatsapp
Latihan yoga
Latihan yoga bersama. (Image: WonderfulImage/Kemenparekraf)
banner 468x60

Ada banyak alasan mengapa kini semakin banyak orang tertarik ikut berlatih yoga. Mareka tidak hanya mendambakan kesehatan fisik, namun juga kesehatan jiwa dan pikiran. Manfaat berlatih yoga sudah dicoba dan diuji melalui tradisi panjang yang berusia lebih dari 5.000 tahun serta penelitian ilmiah belakangan ini.

Sekilas sejarah yoga

Secara historis, yoga dikatakan berakar pada Shamanisme kuno—seperti dibuktikan oleh artefak yang berasal dari tahun 3000 SM yang menampilkan gambar postur yoga. Hal itu diyakini sudah diwariskan dari generasi ke generasi dalam tradisi lisan.

Rishi Patanjali, misalnya, adalah seorang spiritualis India pertama yang mendokumentasikan semua prinsip yoga dalam Yoga Sutra, yakni sebuah buku filsafat yang sekarang sudah berusia 2.000 tahun. Pada awalnya, yoga tidak berkonsentrasi pada postur (juga dikenal sebagai asana) dan kebugaran, melainkan pada spiritualitas dan praktek lain seperti pranayama (latihan pernapasan) dan nada (suara).

Yoga, seperti yang kini dikenal di Barat, mulai berkembang pada akhir tahun 1890-an, ketika para tokoh spiritual India mulai menyebarkan pengetahuan mereka ke dunia Barat untuk pertama kalinya. Pengenalan yoga di barat sering dikaitkan dengan Swami Vivekananda (1863-1902). Beliau pertama kali datang ke Amerika Serikat pada tahun 1883.

Disarikan dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa manfaat latihan yoga secara teratur bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

  • Meningkatkan kelenturan–Selain membantu melakukan asana atau pengaturan nafas, latihan yoga juga dapat membantu Anda meningkatkan kelenturan tubuh
  • Memperbaiki postur–Aktivitas sehari-hari hingga berjam-jam dapat membuat Anda merasa lelah pada akhirnya. Berlatih asana yoga tertentu dapat membantu Anda memperbaiki postur tubuh serta membantu mencegah rasa sakit pada leher dan punggung bagian bawah.
  • Meningkatkan metabolisme—Yoga membantu mempertahankan vitalitas tubuh serta menjaganya agar tetap bugar. Hal ini mendorong agar Anda selalu makan sehat dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh.
  • Membantu menurunkan gula darah–Yoga juga dapat membantu menurunkan gula darah serta menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Kondisi ini berujung pada penurunan berat badan dan meningkatkan kepekaan tubuh terhadap insulin.
  • Meningkatkan aliran darah–Latihan relaksasi dalam yoga membantu mengatur aliran darah ke seluruh bagian tubuh Anda. Latihan seperti handstand, membantu darah vena dari bagian bawah tubuh mengalir kembali ke jantung di mana dapat dipompa kembali ke paru-paru untuk dioksigenasi.
  • Menjauhkan penyakit—Latihan yoga juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini membantu menghancurkan aneka virus yang mengganggu kita selama adanya perubahan cuaca serta meningkatkan kekebalan tubuh untuk menghadapi penyakit.
  • Meningkatkan fungsi paru-paru—Banyak latihan pernapasan dikatakan dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Dalam jangka panjang, melakukan latihan tersebut akan membantu menyembuhkan masalah pernapasan. Dengan sendirinya juga akan meningkatkan kapasitas paru-paru.
  • Membuat tidur lebih nyenyak—Yoga membantu menurunkan tingkat stres dan menciptakan rutinitas yang pada akhirnya membuat pola tidur menjadi teratur. Tubuh yang santai menyebabkan tidur yang lebih dalam dan lebih damai.
  • Meningkatkan rasa percaya diri—dengan berlatih yoga Anda juga akan mengenali sisi lain diri Anda sendiri seperti kemampuan. Bila tubuh sudah mengatakan tidak mampu, berhentilah tidak harus meniru orang lain karena kemampuan kita berbeda. Mungkin bisa dicoba lagi pada kesempatan lain. Lakukan sampai dimana tubuh merasa nyaman, itulan diri kita. Secara perlahan kita akan bisa menerima kenyataan tentang diri kita.

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60