Huacachina, Kota Mungil di Tengah Oase Peru

  • Whatsapp
Oase Huacachina
Oase Huacachina di Peru. (Image: Clotina/ixabay)
banner 468x60
  • HUACACHINA adalah sebuah oase gurun pasir Peru di Amerika Selatan
  • Oase yang hanya dihuni sekitar 100 penduduk itu kini berkembang menjadi sebuah destinasi pariwisata

Huacachina adalah sebuah desa kecil di sekitar oase atau laguna Huacachina, di barat daya Peru, sekitar 5 kilometer dari kota Ica, distrik dan provinsi Ica. Oase ini mendapat aliran mata air alami dan dikelilingi oleh pohon palem hijau nan rimbun.

Secara etimologis, nama huacachina berasal dari kata Quechua yang dibaca wakachina yang mungkin merupakan kependekan dari wakachina qucha yang berarti ‘laguna tersembunyi.

Namanya juga oase, kota ini dikelilingi oleh bukit pasir luas yang indah dan cocok untuk kegiatan petualangan seperti naik seluncur pasir (sandboarding) dan kereta pasir (dune buggy) yang mana masyarakat lokal menyebutnya ‘areneros.’

Vegetasi melimpah tumbuh di sekitar badan air yang kecil tersebut berwarna hijau zamrud yang terdiri dari pohon palem, pohon carob dan kayu putih yang memiliki khasiat penyembuhan dan mampu membantu mereka yang menderita asma atau rematik.

Penduduk

Penduduk oasis Huacachina hanya berjumlah sekitar 100 penduduk yang dikenal sebagai “penjaga danau.” Mereka semua terlibat dalam mengelola berbagai aktivitas yang ada di sepanjang tepi danau.

Huacachina dikenal sebagai Oase Amerika dan dinyatakan sebagai warisan budaya negara. Oasis ini juga dikenal berkat legendanya. Salah satunya menceritakan tentang seorang putri yang dikejutkan oleh seorang penyerang saat dia sedang mendinginkan diri di kolam kecil. Gadis itu melarikan diri dalam wujud putri duyung dan menyelam ke perairan oasis, sementara pakaiannya jatuh ke tanah dan berubah menjadi bukit pasir. Penduduk setempat mengklaim bahwa “putri-putri duyung” itu terus hidup di danau dan membantu melindungi keindahan tempat yang mempesona tersebut.

Sektor andalan

Terletak di dekat kota Ica, sekitar dua ratus mil dari ibu kota Lima, Huacachina kini menjadi destinasi wisata yang sangat terkenal. Ini kemudian diabadikan pada uang kertas Peru. Selama bertahun-tahun air laguna kian surut, sehingga mereka harus mencari makan dari mata air terdekat. Di sisi lain, oasis yang tak terduga ini terus berkembang dengan segala kemegahannya.

Pariwisata menjadi satu-satunya industri yang berkembang di sini, dan oasisnya dikelilingi oleh perusahaan agen perjalanan, restoran, dan hotel yang melayani wisatawan. Huacachina sudah lama menjadi destinasi wisata populer bagi wisatawan domestik dan internasional.

Oasis ini diyakini memiliki kekuatan penyembuhan, dan selama tahun 1960-an kota tersebut menjadi resor bagi orang-orang Peru kaya yang datang untuk memanfaatkan sifat penyembuhannya tersebut. Di masa lalu, tempat itu adalah taman bermain kaum elit Peru. Restoran dan hotel yang mengelilingi laguna kecil tersebut dibangun dengan corak arsitektur kebangkitan kolonial Spanyol kuno yang mengingatkan pada era sebelumnya.

Wisatawan tidak hanya tertarik menyaksikan pesona pemandangan destinasinya yang tampak seperti fatamorgana luar biasa, tetapi juga adanya banyak aktivitas olahraga di area tersebut seperti kereta pasir, selancar pasir, dan quod berkecepatan tinggi.

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60