Beberapa Istilah Media Sosial dan Penjelasannya

  • Whatsapp
Istilah media sosial
Ilustrasi media sosial (Image: diolah dari freepik)
banner 468x60

Avatar–adalah gambar atau nama pengguna yang mewakili seseorang secara online, paling sering digunakan di dalam forum dan jejaring sosial.

Bitly–adalah layanan pemendekan URL gratis yang menyediakan statistik untuk tautan yang dibagikan pengguna secara online. Bitly populer digunakan untuk menyingkat URL panjang agar lebih mudah untuk dibagikan di jejaring sosial seperti Twitter.

Bio–Sebuah bio di media sosial mengacu pada suatu tempat dimana organisasi, influencer dan individu berbagi informasi penting tentang diri mereka.

Blog–adalah kata yang dibuat dari dua kata log web. Blog biasanya dikelola oleh individu atau bisnis dengan entri konten reguler pada topik tertentu, deskripsi peristiwa, atau sumber daya lain seperti grafis atau video. Blog juga dapat digunakan sebagai kata kerja, yang berarti mempertahankan atau menambahkan konten ke blog.

Blogger –adalah platform blogging gratis yang dimiliki oleh Google—kini blogspot.com yang memungkinkan individu dan perusahaan untuk meng-host dan menerbitkan blog biasanya pada subdomain. Contoh: domainanda.blogspot.com

BTW–By the way, ngomong-ngomong

Chat—Obrolan yang dapat merujuk pada segala jenis komunikasi melalui internet tetapi secara tradisional merujuk pada komunikasi satu-lawan-satu melalui aplikasi obrolan berbasis teks, yang biasa disebut sebagai aplikasi pesan instan (IM).

Clickbait–adalah istilah untuk menggambarkan materi pemasaran atau iklan yang menggunakan tajuk sensasional untuk menarik klik. Mereka sangat bergantung pada ‘celah rasa ingin tahu’ dengan menciptakan minat yang cukup untuk memancing keterlibatan.

Comment –adalah tanggapan yang sering diberikan sebagai jawaban atau reaksi terhadap postingan atau pesan blog di jejaring sosial.

Content Curation –Proses menemukan dan berbagi konten yang dibuat oleh influencer industri atau rekan-rekan di jejaring sosial, disertai dengan pendapat atau sudut pandang kurator.

Content Marketing—Strategi pemasaran yang berfokus untuk menarik dan mempertahankan pelanggan melalui pembuatan dan distribusi konten yang berharga, seperti video, buku putih, panduan, dan infografis. Pemasar konten berupaya mendapatkan loyalitas pelanggan dan memengaruhi keputusan dengan menyediakan media yang bermanfaat, menghibur, atau mendidik.

Conversion–Dalam pemasaran media sosial, konversi adalah tindakan positif yang diambil di situs web oleh pengunjung media sosial. Tindakan tersebut menunjukkan bahwa pengunjung ‘diubah’ menjadi pelanggan. Penjualan bukan satu-satunya jenis konversi; banyak situs web mengukur pendaftaran webinar, pendaftaran buletin, unduhan konten, dan hasil penting lainnya yang pada akhirnya mengarah pada penjualan. Pelacakan konversi sangat penting untuk menghubungkan pendapatan dengan benar ke media sosial.

Digital Marketing–Iklan dan pemasaran disampaikan melalui saluran digital seperti mesin pencari, situs web, media sosial, email, dan aplikasi seluler.

Digital Selling–Menjual melalui media sosial tanpa pernah melihat pelanggan secara langsung.

Direct Message–juga disebut sebagai ‘DM’- adalah percakapan pribadi yang terjadi di Twitter dan Instagram. Kedua belah pihak harus saling mengikuti untuk bisa mengirim pesan.

Ebook–adalah versi elektronik dari sebuah buku. Namun, sebagian besar ebook sebenarnya tidak tersedia di media cetak (kecuali jika Anda mencetaknya). Ini biasanya diterbitkan dalam bentuk PDF (Portable Data Format). Untuk pemasar, ebook biasanya berfungsi sebagai konten yang menghasilkan lead – dimana orang harus mengisi formulir untuk menerima salinan ebook mereka.

Facebook –adalah platform media sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004. Situs ini menghubungkan orang-orang dengan teman, keluarga, kenalan, dan bisnis dari seluruh dunia dan memungkinkan mereka untuk mengirim, berbagi dan terlibat dengan berbagai konten seperti foto dan pembaruan status. Platform saat ini menawarkan sekitar 1,49 miliar pengguna aktif.

Fans—atau penggemar adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan orang yang menyukai halaman Facebook Anda.

Flickr – Flickr adalah jejaring sosial untuk berbagi gambar secara online. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan foto secara online dan kemudian membaginya dengan orang lain melalui profil, grup, set, dan metode lainnya.

Follower – Dalam pengaturan media sosial, follower atau pengikut mengacu pada seseorang yang berlangganan akun Anda untuk menerima pembaruan Anda.

Friends – Atau teman adalah istilah yang digunakan di Facebook untuk mewakili koneksi yang Anda buat dan orang yang Anda ikuti. Ini adalah individu yang Anda anggap cukup ramah dengan Anda untuk melihat profil Facebook Anda dan terlibat dengan Anda.

Geotag – Geotag adalah koordinat arah yang dapat dilampirkan pada konten online. Misalnya, pengguna Instagram sering menggunakan penandaan geografis untuk menyorot lokasi pengambilan foto mereka.

Geotagging–Melampirkan data berbasis lokasi ke kiriman media sosial, seperti foto, video, dan kiriman teks.

GIF – GIF adalah singkatan dari Graphics Interchange Format. Di media sosial, GIF berfungsi sebagai animasi skala kecil dan klip film.

Hashtag – atau tagar (tanda pagar) adalah tag yang digunakan pada berbagai jejaring sosial sebagai cara untuk membubuhi keterangan pesan. Tagar adalah kata atau frasa yang diawali dengan “#” (mis. #InboundMarketing). Jejaring sosial menggunakan tagar untuk mengategorikan informasi dan membuatnya mudah dicari bagi pengguna.

Influencer–Pengguna media sosial yang dapat menjangkau audiens yang signifikan dan mendorong kesadaran tentang tren, topik, perusahaan, atau produk. Dari perspektif pemasar, influencer ideal juga sebagai penganjur merek yang bersemangat. Namun, influencer sering mencoba tetap tidak memihak pada merek untuk mempertahankan kredibilitas dengan audiens yang berpenghasilan tinggi. Strategi influencer yang sukses biasanya melibatkan koordinasi tim Pemasaran, Layanan Pelanggan, dan Hubungan Masyarakat.

Instagram — aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter ke gambar mereka, dan berbagi foto secara instan di jaringan Instagram dan jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Flickr, Twitter, dan Foursquare. Aplikasi ini ditargetkan untuk berbagi sosial seluler, dan telah memperoleh lebih dari 300 juta pengguna.

Instant MessagingPesan instan (IM) adalah bentuk komunikasi langsung berbasis waktu nyata antara dua orang atau lebih. Perangkat lunak perpesanan instan yang lebih canggih juga memungkinkan peningkatan

Like–adalah tindakan yang dapat dilakukan oleh pengguna Facebook atau Instagram. Alih-alih menulis komentar atau membagikan kiriman, pengguna dapat mengklik tombol Suka sebagai cara cepat untuk menunjukkan persetujuan.

Meme – Sebuah meme di internet digunakan untuk menggambarkan pemikiran, ide, lelucon, atau konsep yang dibagikan secara online. Biasanya berupa gambar dengan teks di atas dan di bawahnya, tetapi juga dapat berupa video dan tautan.

Mention– adalah istilah Twitter yang digunakan untuk menggambarkan sebuah contoh di mana seorang pengguna memasukkan @username orang lain dalam tweet mereka untuk mengaitkan sebuah konten atau memulai sebuah diskusi.

News Feed—atau Umpan berita secara harfiah merupakan umpan yang penuh dengan berita. Di Facebook, Umpan Berita adalah beranda akun pengguna tempat mereka dapat melihat semua pembaruan terbaru dari teman-teman mereka. Umpan berita di Twitter disebut Timeline atau linimasa.

Pinterest — jejaring sosial berbagi foto yang menyediakan platform bagi pengguna untuk mengunggah, menyimpan, dan mengkategorikan ‘pin’ melalui koleksi yang disebut ‘papan.’ Papan biasanya disusun berdasarkan tema, seperti: Makanan & Minuman, Pakaian Wanita, Berkebun, dan lain-lain. Pengguna memiliki kemampuan untuk ‘menyematkan’ dan ‘mereparasi’ konten yang mereka sukai ke papan masing-masing.

Podcast — serangkaian file media digital, biasanya audio, yang dirilis secara episodik dan sering diunduh melalui feed RSS.

PPC – Pay Per Click adalah model iklan online di mana pengiklan menampilkan iklan di berbagai situs web atau mesin pencari dan membayar ketika pengunjung mengklik. PPC berbasis penawaran melibatkan pelelangan di mana pengiklan bersaing dengan pengiklan lain dengan menetapkan tawaran maks – atau jumlah tertinggi yang bersedia mereka bayarkan – untuk setiap klik. Setiap kali pengunjung memicu titik iklan, proses lelang berjalan untuk memilih iklan mana yang akan ditampilkan.

Retweet – atau mencuitkan kembali dilakukan ketika seseorang di Twitter melihat pesan Anda dan memutuskan untuk membagikannya kembali kepada pengikutnya. Sebuah tombol retweet memungkinkan mereka untuk mengirim ulang pesan dengan cepat dengan mengaitkannya dengan nama pemilik asli.

Selfie—atau swafoto adalah potret diri yang biasanya diambil menggunakan layar kamera mundur pada smartphone atau dengan menggunakan tongkat selfie (tiang yang menempel pada kamera Anda). Selfie umumnya dibagikan di jaringan media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook menggunakan tagar #selfie.

SEO (Search Engine Optimization)—Optimisasi mesin pencari adalah praktik meningkatkan visibilitas ‘organik’ dari suatu halaman web di mesin pencari, seperti Google. Meskipun bisnis dapat membayar untuk mempromosikan situs web mereka di halaman hasil mesin pencari (Search Engine Marketing, atau SEM), SEO merujuk pada taktik ‘ratis’ yang meningkatkan peringkat pencarian halaman.

Share—Ketika konten diposkan ulang di situs media sosial melalui saluran pengguna lain.

Social Inbox— Kotak Masuk Sosial adalah aplikasi dalam perangkat lunak HubSpot yang terhubung ke basis data kontak Anda dan memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan pemantauan, penerbitan, dan analisis sosial mereka.

Social Media Marketing—Penggunaan media sosial oleh pemasar untuk meningkatkan kesadaran merek, mengidentifikasi audiens utama, menghasilkan arahan, dan membangun hubungan yang bermakna dengan pelanggan. Pemasaran media sosial harus dikoordinasikan dengan baik dengan layanan pelanggan sosial, manajemen komunitas, dan kegiatan penjualan sosial untuk menciptakan hubungan yang mulus dengan pelanggan di seluruh siklus hidup mereka. Tentu saja, media sosial hanyalah satu saluran dalam bauran pemasaran secara keseluruhan; program pemasaran media sosial yang paling efektif juga diintegrasikan ke dalam strategi multi-saluran.

Spam–Konten media sosial yang tidak perlu dan berulang yang menyumbat feed pengguna media sosial. Istilah ini digunakan untuk merujuk kepada pesan sampah sejak hari-hari awal Internet. Maknanya berasal dari sandiwara Monty Python tahun 1970 di mana kata spam diucapkan berulang-ulang sampai menggelikan.

Tag –Tagging adalah fungsionalitas media sosial yang umum digunakan di Facebook dan Instagram yang memungkinkan pengguna untuk membuat tautan kembali ke profil orang yang ditampilkan dalam gambar atau ditargetkan oleh pembaruan.

Trending Topic— Topik tren yang merujuk kepada topik dan tagar yang paling banyak dibicarakan di jejaring media sosial. Ini biasanya muncul di jaringan seperti Twitter dan Facebook dan berfungsi sebagai tautan yang dapat diklik di mana pengguna dapat mengklik untuk bergabung dengan percakapan atau hanya menelusuri konten terkait.

Tumblr — Tumblr adalah platform microblogging yang memungkinkan pengguna memposting teks, gambar, video, audio, tautan, dan kutipan ke blog mereka. Pengguna juga dapat mengikuti blog lain dan memposting ulang konten pengguna lain ke blog mereka sendiri.

Twitter — Twitter adalah jaringan sosial real-time yang memungkinkan pengguna untuk berbagi pembaruan 140 karakter dengan pengikut mereka. Pengguna dapat favorit dan mencuit ulang posting pengguna lain, serta terlibat dalam percakapan menggunakan @ sebutkan, balasan, dan tagar untuk mengategorikan konten mereka.

Unfollow–Tindakan berhenti menerima posting media sosial lebih lanjut dari pengguna tertentu.

User-Generated Content — Konten buatan pengguna adalah konten – blog, video, foto, kutipan dan lain-lain yang dibuat oleh konsumen. Pemasar biasanya memanfaatkan audiens mereka dalam pengaturan online untuk mengumpulkan jenis konten ini untuk mendukung kampanye atau inisiatif.

Viral — istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah contoh di mana sebuah konten – video YouTube, artikel blog, foto, dan lain-lain mencapai kesadaran yang patut diperhatikan. Penyebaran ini sangat bergantung dari mulut ke mulut dan sering berbagi satu bagian konten tertentu di internet.

Vlogging — atau vlog adalah konten yang menggunakan video untuk menceritakan kisah atau melaporkan informasi. Vlog biasa digunakan di jejaring berbagi video seperti YouTube.

Webinar – atau web seminar adalah presentasi online yang diselenggarakan oleh individu atau perusahaan. Biasanya, penyelenggara mengharuskan peserta untuk mengisi formulir sebelum memberikan mereka akses untuk streaming audio dan slide. Dalam pemasaran, webinar diadakan untuk mengedukasi audiens tentang topik tertentu sambil membuka diskusi agar terjadi di media sosial menggunakan tagar unik webinar.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60