Berburu Oleh-Oleh Kain Endek di Klungkung

  • Whatsapp
Salah satu toko kain endek di Pasar Klungkung
Salah satu toko kain endek di Pasar Klungkung.
banner 468x60

OLEH-OLEH saat berwisata di Bali tidak hanya dalam bentuk camilan, namun ada juga dalam bentuk aneka produk lainnya. Salah satunya adalah kain tenun khas Bali yaitu kain endek. Kain ini ditenun secara tradisional sederhana atau menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM).

Pekerjaan menenun ini biasanya dilakoni ibu-ibu rumah tangga di pedesaan setelah urusan pekerjaan rumah utama mereka selesai. Order mereka ini biasanya diberikan oleh pemilik UMKM tenun. Dengan demikian, mereka juga mendapat penghasilan tambahan. Di sisi lain, ada memang usaha yang berfokus pada usaha tenun yang mempekerjakan penenun penuh waktu.

Nah, ketika berwisata ke Bali, tepatnya ke Bali Timur, seperti Kertagosa di Klungkung, Anda bisa mampir sebentar di sebelah timur atau seberang jalan obyek ini. Tepatnya di Pasar Klungkung.

Pasar induk kabupaten Klungkung ini menyediakan aneka kebutuhan sehari-hari seperti pasar pada umumnya. Selain itu ada juga alat-alat kebutuhan upacara umat Hindu dan pakaian sembahyang ke pura, mulai dari saput, kain bawahan hingga udeng atau destar.

Ketika masuk lebih jauh ke dalam lagi, Anda akan menjumpai hamparan toko kain endek dengan beragam motif dan kualitas mulai dari kain dalam bentuk lembaran untuk satu kemben hingga gulungan panjang bagi yang menginginkan dalam jumlah banyak atau keperluan membuat seragam.

Di samping untuk membuat baju, jas atau destar, kain endek juga banyak digunakan untuk pembuatan sepatu, tas, sandal hotel dan produk fashion kreatif lainnya. Sekarang terserah Anda, apakah membeli untuk sekadar koleksi kain tenun nusantara atau dipakai sendiri atau untuk bahan kreasi produk Anda. Selamat berbelanja!

 

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60