Istilah Travel Dalam Bahasa Inggris dan Penjelasannya (1)

  • Whatsapp
Penumpang Menunggu Keberangkatan
Ilustrasi Penumpang Menunggu Keberangkatan (Foto: Talal Ahmad/Unsplash).
banner 468x60

Adjoining room: kamar yang berlokasi bersebelahan
Airline code: kode penerbangan.
Allotment: Jumlah kamar atau tempat duduk terbatas yang disediakan bagi wholesaler (seperti biro perjalanan) untuk dijual bebas yang diatur dalam perjanjian kontrak.
ASAP: as soon as possible (secepatnya), singkatan yang sering digunakan pada pengiriman pesan singkat lewat faksimili atau telex.
ATLAS: sistem reservasi yang digunakan oleh beberapa biro perjalanan.
Attraction: atau atraksi adalah suatu keistimewaan atau fasilitas yang membuat turis mengunjungi tempat tersebut. Destinasi wisata termasuk dalam atraksi. Atraksi dapat bersifat alami (pantai dan air terjun) atau yang dibangun manusia (taman bertema dan kebun binatang). Beberapa gedung dan tempat (istana dan katedral) tidak dibangun sebagai atraksi wisata namun sudah menjadi atraksi dari waktu ke waktu. Atraksi lainnya bisa mencakup tempat bersejarah, taman bertema atau tempat-tempat hiburan.
Availability: tanggal-tanggal yang tersedia untuk pemesanan produk atau jasa kepariwisataan. Contoh: room availability—ketersediaan kamar
AVIC: Accredited Visitor Information Center atau Pusat Informasi Wisata di sebuah destinasi yang membantu wisatawan di kawasan tersebut untuk menyediakan informasi mengenai akomodasi, paket wisata, aktivitas dan lain-lain.

Bagage allowance: Berat atau volume barang bawaan yang boleh dibawa oleh seorang penumpang tanpa dikenakan biaya tambahan
BHA: Bali Hotel Association
Booking: istilah yang digunakan untuk mengacu penjualan tuntas oleh suatu destinasi, pusat konvensi, fasilitas, hotel atau pemasok (yaitu konvensi, pertemuan, pameran dagang atau pemesanan kelompok bisnis)
Business events: kegiatan-kegiatan yang meliputi konferensi, insentif, pertemuan, pameran dan peluncuran produk
Business travel: perjalanan untuk tujuan komersial, pemerintahan atau pendidikan. Sedangkan leisure menjadi sebuah motivasi sekunder.
BTB: Bali Tourism Board
BVA: Bali Villa Association

Read More

banner 300250

Cabana: sebuah kamar ganti portabel dekat kolam renang atau pantai.
Cancel: membatalkan
Cancellation: pembatalan
Cancellation policy: kebijakan pembatalan. Misalnya, pembatalan dilakukan 3 hari sebelum kedatangan tidak dikenakan biaya; kurang dari 3 hari dikenakan biaya satu malam; dan bila dilakukan pada hari kedatangan dikenakan biaya malam penuh (bila masa tinggal lebih dari satu malam).
Carriers: operator transportasi resmi, seperti bus, kapal laut atau pesawat udara.
CBO: Central Booking Office, kantor pemesanan pusat
Challet: Rumah kayu dengan bagian atap yang menjorok.
Charter flight: penerbangan yang dicarter untuk sebuah grup wisatawan oleh biro perjalanan, lembaga atau perusahaan
Check-in: Tindakan melaporkan kehadiran dan pendaftaran seseorang, khususnya di bandara atau hotel.
Check-in counter: Tempat berlangsungnya pendaftaran di bandara atau hotel.
Check-out: Menyelesaikan urusan pembayaran hotel sebelum berangkat.
Contract agreement: perjanjian kerjasama antara penyedia jasa (Misalnya, hotel, restoran, perusahaan transport) dan pengguna jasa (misalnya, agen perjalanan) terkait dengan harga jasa, syarat dan ketentuan, masa berlaku dan ketentuan lainnya.
Contract rate: kesepakatan harga yang diatur dalam perjanjian
Commissions: suatu persentase dari biaya produk keseluruhan yang dibayarkan kepada biro perjalanan, agen atau distributor produk perjalanan wisata lainnya atas penjualan produk kepada konsumen. Biro perjalanan kecil biasanya menerima 10 persen dari harga eceran, sementara operator perjalanan grosir menerima 20-30 persen dari harga diiklankan. Sementara komisi agen perjalanan online (OTA) bisa bervariasi.
Complimentary: Tidak dipungut biaya untuk produk atau jasa yang diberikan atau ditawarkan.
Connecting flight: Suatu segmen dari perjalanan yang sedang berjalan, yang membutuhkan penggantian suatu pesawat, namun tidak mesti penggantian perusahaan penerbangan
Connective room: dua kamar berdampingan yang dihubungkan oleh sebuah pintu.
Connecting villa: dua unit vila berdampingan yang dihubungkan dengan sebuah kamar atau partisi yang bisa dibuka-tutup sesuai kebutuhan
Convention and visitors bureau: biro atau organisasi lokal berkaitan dengan pemasaran pariwisata yang mengkhususkan diri dalam mengembangkan konvensi, pertemuan, konferensi dan kunjungan wisatawan ke sebuah kota atau kawasan.

Demographic profile: Informasi pribadi mengenai konsumen yang digunakan untuk memahami preferensi beli atau jual mereka; Misalnya dari segi usia, pendapatan dan jenis kelamin.
Denpasar Festival: Festival menyambut Tahun Baru yang diadakan Pemkot Denpasar selama empat hari (28-31 Desember), menampilkan makanan khas Bali, garmen, atraksi seni, pameran fotografi.
Diner cruise: aktivitas pesiar jarak pendek dengan fokus utama pada makan malam yang biasanya disertai hiburan dan menyaksikan pemandangan matahari tenggelam
Dining area: area tempat makan, biasanya terdapat di unit vila, yang berdampingan dengan dapur, dan area untuk menerima tamu.
Deposit: uang muka yang dibayar untuk menjamin pemesanan (tiket, kamar, atau jasa lainnya).
Destination marketing: Periklanan dan promosi, yang ditujukan pada konsumen dan perdagangan, yang dirancang untuk membangun kesadaran dan keinginan untuk bepergian ke lokasi tertentu.
Discounted rate: Potongan harga kamar atau tiket pesawat untuk konvensi, pameran daging, pertemuan, perjalanan grup atau korporat.
Distribution: Suatu istilah pemasaran yang digunakan untuk memaparkan alat fisik dengan mana suatu produk atau jasa diinformasikan kepada konsumen.
Direct booking: pemesanan langsung kepada operator perjalanan wisata oleh konsumen
Domestic market: pasar wisata di dalam negeri wisatawan itu sendiri
Double bed: suatu tempat tidur yang cukup lebar untuk ditiduri oleh dua orang tamu
Drop-off charge: Biaya yang dikenakan oleh sebuah penyewaan kendaraan untuk menutup ongkos mengembalikan kendaraan ke tempat asalnya.

E-commerce: suatu sistem menyelenggarakan aktivitas bisnis yang menggunakan internet dan teknologi informasi lainnya. Mengacu kepada penggunaan jejaring komputer untuk melakukan bisnis, termasuk jual-beli online, pengiriman dana secara elektronis, komunikasi bisnis dan kegiatan lainnya terkait dengan jual-beli barang dan jasa secara online.
E-distribution channel: suatu istilah generik yang digunakan untuk menunjukkan semua metode menggunakan periklanan dan penjualan kamar tamu. Juga dikenal dengan istilah ‘E-commerce.’
Economic impact: dampak ekonomi menyebabkan perubahan dalam bidang peluang kerja, pendapatan dan harga. Hal ini bersifat positif atau negatif, musiman atau jangka panjang.
Ecotourism: atau ekowisata–mengunjungi destinasi plesir dan wisata karena daya tarik lingkungannya dan memberi dampak negatif sekecil mungkin terhadap lingkungan. Ekowisata biasanya pariwisata pada skala kecil karena pariwisata masal mungkin berdampak pada lingkungan alam. Ekowisatawan mencoba menjadi pengunjung bertanggung jawab dan memberi manfaat kepada komunitas lokal yang mereka kunjungi secara sosial dan ekonomis.
ETA: Estimated time of arrival—perkiraan waktu kedatangan
ETD: Estimated time of departure—perkiraan waktu keberangkatan
Expatriate: seorang warga negara asing yang bekerja di negara lain.
Expenses: jumlah uang yang dikeluarkan untuk mengasilkan pendapatan

banner 300x250

Related posts

banner 468x60