Destinasi Favorit Pura Ulundanu Beratan Menunggu

  • Whatsapp
Pura Ulundanu Batur
Pura Ulundanu Beratan, Bedugul, Tabanan. (Foto: Sebastian Pena Lambari/Unsplash)
banner 468x60
  • BERLOKASI di tengah dan pinggir Danau Beratan, kompleks Pura Ulundanu Beratan sangat indah dan menjadi salah satu obyek wisata favorit.
  • Selain destinasi pura, obyek wisata berudara dingin ini juga dilengkapi dengan berbagai atraksi seperti perahu air, demo satwa bersama petugas.

Bila merasa jenuh dengan obyek wisata bernuansa pantai di Bali yang itu-itu saja, sekali waktu cobalah datang berwisata ke dataran tinggi yang bersuhu sejuk atau mendekati dingin. Salah satunya adalah kawasan wisata Pura Ulundanu Beratan di Bedugul, Tabanan.

Kawasan obyek wisata pura ini terdiri dari beberapa pura seperti Penataran Agung (untuk memuja Tri Purusha Siwa—Siwa, Sadha Siwa dan Parama Siwa), Dalem Purwa (memuja Bhatari Durga dan Dewa Rudra sebagai sumber kemakmuran), Taman Beji (sarana menyucikan sarana upacara dan mohon air suci), Lingga Petak (pura di dalam danau untuk memuja Dewi Sri—dewi kesuburan) dan Prajapati (memuja Dewi Durga). Di samping itu ada juga sebuah stupa Budha yang indah di luar kompleks pura memberi makna keselarasan.

Pembaca Nusaweek mungkin sudah sangat akrab dengan obyek pura yang satu ini karena ditampilkan pada halaman belakang uang pecahan 50.000. Pura tepi danau ini termasuk Sad Kahyangan atau enam pura utama di Pulau Dewata. Pura ini didirikan pada tahun 1634 Masehi pada masa pemerintahan Raja Mengwi I Gusti Agung Putu.

Keunikan obyek wisata ini adalah ketika permukaan air danau meninggi, Pura Lingga Petak kelihatan terapung dan amat memesona karena area di antara kedua pura ini dan Penataran Agung dipenuhi air danau. Pemandangan pura ini juga sangat cocok untuk latar belakang swafoto. Demikian pula pura Pentaran Agung memiliki banyak spot atau sudut untuk pengambilan swafoto dari pinggir danau.

Untuk menambah betahnya wisatawan yang sedang berkunjung, kawasan wisata ini juga menawarkan beberapa atraksi seperti sepeda air, penyewaan perahu untuk memancing atau sekedar menelusuri area pinggir danau, tontonan satwa liar seperti iguana, kelelawar besar (bukal), burung rangkong, ular piton, burung hantu serta restoran di kawasan obyek wisata tersebut.

Fasilitas pendukung lainnya untuk kenyamanan pengunjung obyek wisata Pura Ulundanu Bedugul adalah toilet, area parkir yang luas, taman bunga nan asri untuk berjalan-jalan santai atau untuk bermain bagi anak-anak beserta deretan toko seni di mana pengunjung bisa membeli aneka oleh-oleh.

O ya, untuk menuju obyek wisata ini bisa ditempuh sekitar 2,5 jam dengan berkendara sepeda motor atau mobil dari Seminyak dan sekitarnya dalam keadaan lalu lintas lancar dan normal.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60