Minuman Rujak Mengkudu, Enak dan Menyehatkan

  • Whatsapp
Rujak mengkudu
Rujak mengkudu yang sudah disaring.
banner 468x60

MENGKUDU atau morinda adalah salah satu buah favorit dan murah namun kaya dengan khasiat obat. Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat daerah tropis seperti Indonesia bahkan sudah sangat akrab dengan buah ini. Misalnya, dalam pembuatan minyak kelapa dengan metode tradisional, mengkudu digunakan sebagai katalis untuk mempercepat pembentukan minyak.

Untuk keperluan rujak, biasanya dibuat dari buah segar  yang dipadukan dengan bumbu pedas, asam dan manis. Namun rujak untuk buah yang satu ini umumnya menggunakan air atau berkuah. Bedanya dari rujak buah-buahan lain adalah rujak mengkudu disajikan sebagai minuman segar.

Dengan bahan-bahan sederhana seperti pasta asam, gula aren, garam dan cabai, buah ini siap diproses. Beberapa orang lebih suka menggunakan mengkudu mentah untuk menghindari baunya, sementara yang lainnya lebih suka yang matang. Jika menggunakan mengkudu mentah, ia perlu dimemarkan. Kemudian, bahan yang sudah dimemarkan diremas-remaskan dan ditambahkan air secukupnya dan masukkan bumbu tadi. Setelah itu, sisihkan ampasnya dengan cara menyaring.

Sejalan dengan gerakan ‘kembali ke alam’ di mana orang kembali menggunakan obat herbal, penggemarnya tidak hanya menyajikan minuman ini untuk memuaskan dahaga mereka tetapi juga untuk meningkatkan kesehatan mereka.

Beberapa referensi mengatakan mengkudu berkhasiat untuk menurunkan hipertensi dan kolesterol, melancarkan peredaran darah, meringankan tukak lambung dan meningkatkan kekebalan tubuh (karena mengandung vitamin C dan E). Di samping itu, ia juga mengandung zat anti-peradangan dan anti-bakteri. Kendati memiliki banyak khasiat , konsumsi rujak ini semestinya tidak berlebihan atau sewajarnya saja. Kalau tidak, tekanan darah yang normal, misalnya, bisa turun.

Untuk mendapatkan khasiat yang sama namun tidak perlu susah-susah bikin rujak mengkudu ini dan bisa disimpan dalam waktu yang lama, sekarang sudah tersedia produk jamu (herbal tradisional) dalam bentuk tablet dan sirup. Jadi, terserah Anda sekarang, memilih produk olahan yang segar atau produk yang sudah siap digunakan.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60