Monyet Ini Aneh, Suka Berendam di Air Panas dan Pipinya Merah!

  • Whatsapp
Monyet salju
Monyet salju pipi merah sedang berendam di air panas di Taman Jigokudani, Jepang (Image by Santa3 from Pixabay)
banner 468x60
  • MONYET yang lazim dijumpai di sekitar kita atau objek wisata berpipi abu-abu dan tidak suka basah-basahan apalagi berendam
  • Namun monyet yang ada di Taman Jigokudani, Jepang, sangat berbeda. Pipinya merah dan suka berendam di dalam kolam air panas lagi.

Objek wisata monyet yang biasa dikunjungi di tanah air biasanya berlokasi atau berbatasan dengan hutan aktif atau area hutan kecil. Tentu saja begitu karena hutan memang menjadi sumber makanan mereka. Secara umum, ciri-ciri mereka berbulu abu-abu hingga coklat kemerahan dan pipi mereka berwarna abu-abu.

Nah, monyet-monyet yang ada di Taman Monyet  Jigokudani, Jepang, ini memiliki ciri wajah sedikit berbeda dan berperilaku tidak biasa dibandingkan monyet ‘sejawatnya.’ Di taman ini (secara harfiah Jigokudani berarti ‘lembah neraka’), semua populasi monyet Jigokudani berpipi merah bukan karena memakai pemerah pipi (ha.. ha.. ha) atau pemarah tapi memang dari sononya begitu.

Disebut ‘lembah neraka‘ karena di kawasan itu terdapat uap dan air mendidih yang keluar dari celah-celah kecil di tanah beku.  daerah ini dikelilingi oleh tebing yang curam dan kawasan hutan salju yang sangat dingin dan berbahaya.

Perilaku aneh si monyet

Monyet-monyet pipi merah tersebut memiliki kebiasaan suka berendam di kolam air panas yang berasal dari sumber air panas dekat hutan tadi. Selama musim dingin, mulanya mereka itu turun ke kawasan lembah dan ke taman nasional selama bulan-bulan hangat guna mencari makan. Mereka juga suka duduk-duduk (hang out?) di kolam air panas dan kembali ke habitatnya pada malam hari.

Kebiasaan mereka pun berubah setelah petugas taman nasional memberi makan setiap hari. Akhirnya mereka berada di kawasan air panas sepanjang tahun sehingga pengunjung dapat menyaksikan keberadaan mereka setiap saat.

Menurut sejarahnya, perilaku monyet-monyet itu berubah setelah pendirian taman monyet pada tahun 1964 untuk tujuan konservasi monyet. Jika pada umumnya monyet atau kucing tidak suka basah-basahan, si monyet salju ini justeru berperilaku sebaliknya. Konon, kesukaan itu ditiru dari perilaku manusia yang suka berendam di dalam air panas di permandian air panas luar ruang yang ada di penginapan dekat lokasi itu.

Menurut penelitian para ahli, monyet-monyet itu suka menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berendam tidak hanya untuk kesenangan tetapi juga untuk menghilangkan stres. Para pengunjung pun berdatangan sepanjang tahun ke tempat ini untuk menyaksikan pemandangan menarik ini karena diklaim sebagai satu-satunya di dunia.

 

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60