Pohon Kayu Putih Ini Berusia Sekitar 700 Tahun

  • Whatsapp
Pohon KayuPutih
Pohon kayu putih di Banjar Bayan, Tua, Marga, Tabanan, ini diperkirakan sudah berusia 700 tahun.
banner 468x60

Selain wisata alam dengan keindahan pemandangan, Bali juga menawarkan keunikan daya tarik keragaman flora seperti Wisata Pohon Kayu Putih di Desa Adat Bayan, Desa Tua, Marga, Tabanan. Pohon ini terletak di belakang Pura Babakan yang dibangun pada zaman Raja Perean. Kalau di pura-pura lain biasanya ditemukan pohon beringin, ancak atau pule, nah, di sini tidak demikian halnya.

Apa keunikan pohon kayu putih ini?

Pohon ini dinamai demikian karena melihat dari warna pohonnya. Keunikan objek pohon raksasa di Tabanan ini terletak pada usia dan ukurannya dimana pohon ini diperkirakan sudah berumur 700 tahun, menjulang tinggi sekitar 75 meter dan berdiameter 60 meter.

Ada keyakinan masyarakat Bali secara umum bahwa bila sebuah pohon sudah berukuran lebih dari satu pelukan orang dewasa, pohon itu berpotensi dihuni oleh komunitas mahluk halus. Terkait dengan keyakinan tersebut, pohon raksasa ini juga menampakkan kesan angker, apalagi dikaitkan dengan cerita-cerita mistis.

Konon, ada warga sekitar yang pernah mendegar suara tembakan senapan atau alunan gamelan dari arah pohon besar tersebut. Cerita ini kemudian dikaitkan dengan keberadaan perangkat gamelan yang ditimbun di bawah pohon tersebut pada masa lampau.

Daya tarik

Bagi penggemar fotografi atau setidaknya swafoto, destinasi Tabanan berupa objek pohon besar ini dimanfaatkan sebagai latar belakang swafoto untuk memperkaya konten postingan di media sosial atau sekadar album perjalanan. Mereka bisa berpose dari berbagai sudut atau bentangan akar-akar pohon kayu putih tersebut.

Nah, kalau penekun spiritual, objek pohon raksasa yang bernuansa mistis ini tentu memiliki daya tarik tersendiri. Mereka biasanya ingin berinteraksi dengan ‘penghuni’ dan menikmati suasana magis di sekitarnya melalui aktivitas meditasi.

Objek wisata alam ini mulai dikenal luas oleh warga luar desa sejak tahun 2013. Mereka kemudian berbagi foto-foto unik di bawah kayu putih ini di media sosial. Mereka yang melihat keindahan tersebut akhirnya menjadi penasaran. Kendati dikenal sebagai tempat bernuansa mistis dan angker, tampilan instagenik membuat tempat tersebut menjadi sebuah destinasi atau objek wisata swafoto ‘instagrammable’ yang cukup diminati.

Lokasi

Tidak terlalu sulit untuk mencari lokasi pohon kayu putih raksasa. Persisnya, ia berada di Banjar Bayan, Desa Tua, Kecamatan Marga, Tabanan, tepat di depan hamparan persawahan. Lokasi ini bisa diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat dan tersedia area parkir yang memadai. Kira-kira berada 2 km dari jalan utama.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60