Selain Untuk Menangkap Ikan, Ini Manfaat Memancing

  • Whatsapp
Mancing di pantai
Memancing di pantai.
banner 468x60
  • MEMANCING adalah salah satu hobi yang menyenangkan karena bisa berinteraksi dengan alam dan menghadapi banyak tantangan.
  • Mendapatkan ikan adalah nomor sekian, ada banyak hal positif yang didapat dari hobi mancing ini

Hobi adalah sebuah kegiatan yang baik untuk mengisi waktu luang yang membantu meningkatkan atau melengkapi kebahagiaan. Ada orang mengatakan bahwa masing-masing orang akan memilih hobi yang sesuai dengan kepribadian dan karakter mereka.

Ada banyak hobi yang bisa dilakukan baik di dalam maupun di luar rumah. Salah satu hobi luar rumah adalah memancing di laut, danau atau sungai. Ada tiga komponen dalam hal ini, yaitu diri kita sendiri, pancing beserta perlengkapannya dan alam bebas.

Banyak orang mengaitkan kegiatan memancing dengan kesehatan dan kebahagiaan, dan tidak melulu dihubungkan dengan urusan mencari ikan. Jika Anda berpikir memancing secara abstrak, pemandangan cakrawala luas di atas laut atau danau yang memberikan ketenangan akan muncul di benak Anda.

Ketenangan yang rasakan saat duduk di tepi sungai atau berdiri di pinggir pantai menangkap ikan membuat kita melupakan bahkan masalah dan kecemasan yang paling rumit sekalipun dan kita menemukan diri kita berada di ‘negeri nan jauh’ dari kesengsaraan dunia buatan yang sudah kita ciptakan untuk diri kita sendiri.

Kendati pun teknologi saat ini sudah canggih dan mempermudah beberapa urusan kita di mana banyak kesenangan bisa didapat di ponsel pintar hanya dengan beberapa sentuhan, orang tetap saja mencari kesenangan itu di luaran sana, di alam.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa orang memilih memancing sebagai hobi.

  1. Memancing untuk Makanan

Jenis makanan apapun kita bisa dapatkan dalam sekejap lewat gawai dalam genggaman. Beberapa saat kemudian, paket makanan yang kita pesan pun sudah tiba di depan pintu. Namun bagi penghobi mancing, makanan segar dan menyehatkan yang disediakan alam sedang menunguggu di sungai, danau atau pantai.

  1. Meredakan Stres

Bila Anda bertanya mengapa memancing menjadi hobi favorit, penghobi mancing mungkin akan menjawab karena memancing memberi mereka kelegaan dari stres dan kebebasan. Kebebasan macam apa? Kebebasan dari rutinitas yang biasa dialami sehari-hari. Ketika memancing ke pantai, sungai atau danau, Anda mendapat kebebasan dan memasuki ligkungan baru. Apakah memancing atau sekedar duduk-duduk saja, terserah. Sedangkan dalam rutinitas, Anda dikejar pekerjaan, tenggat waktu dan lain-lain.

Ketika berinteraksi dengan alam, Anda menjadi bagian dari alam, dan ini membuat Anda bisa melupakan semua kekhawatiran yang dialami.

  1. Rekreasi

Memancing juga adalah sebuah rekreasi. Kendatipun tidak mendapatkan ikan tangkapan atau terjebak dalam cuaca buruk sekalipun. Anda mungkin tidak akan menyesal karenanya. Yang terpenting adalah aktivitas memancingnya yang mampu menyegarkan kembali jasmani dan rohani seperti tujuan rekreasi.

  1. Mancing Melatih Kesebaran

Ketika pergi memancing, Anda berinteraksi dengan lingkungan. Anda belajar untuk bersabar menunggu ikan karena ikan berada di luar kontrol Anda. Juga belajar keterampilan memancing seperti di bagian mana kira-kira ada ikannya, bagaimana cara menarik kail agar ikannya tidak lepas dan sebagainya.

Tantangan utama terletak pada cara Anda menangkap ikan dan mungkin tidak semuanya bisa berhasil. Itulah sebabnya banyak orang belajar dari tantangan ini.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60