Bunga Tulip dan Makna di Balik Warnanya

  • Whatsapp
Bunga tulip
Bunga tulip (Foto: Nicky Pe/Pixabay)
banner 468x60
  • BUNGA yang indah memiliki daya pikat istimewa. Tidak hanya elok dipandang tetapi juga mewakili ungkapan perasaan tertentu.
  • Karena itulah kemudian ada ungkapan “Katakan dengan Bunga

Ada ungkapan yang menyatakan ‘Katakanlah dengan Bunga.’ Ini adalah bahasa simbolik untuk mengungkapkan perasaan. Diharapkan, bunga tersebut sudah mewakili dan si penerima pesan pun mengerti maksudnya.

Salah satu bunga yang terkenal di dunia dan memiliki beragam warna adalah bunga tulip. Bunganya sederhana dan berukuran sedang namun indah. Ia memiliki sejarah yang kaya dan menyimpan banyak simbolisme di baliknya.

Konon, bunga unik ini berasal dari Asia Timur dan Eropa Tengah. Untuk pertama kali ia dibudidayakan di Turki.

Tulip adalah bunga musim semi dari keluarga Liliaceae. Sebagian besar dari bunga tulip ini berasal dari Asia timur dan Eropa tengah karena di kawasan tersebut mereka dapat tumbuh subur. Kini, tulip menjadi bunga favorit di Belanda.

Berikut adalah makna simbolik bunga tulip sesuai warnanya yang dihimpun dari berbagai sumber.

Tulip ungu

Warna ungu dianggap melambangkan kemewahan, dimana dulunya hanya dapat dibeli oleh kaum bangsawan, atau orang super kaya. Karena itulah, tulip ungu diasosiasikan dengan kebangsawanan dan keanggunan. Tulip ungu amat pas untuk karangan bunga pengantin atau dikirim kepada seseorang yang dianggap istimewa.

Tulip merah muda

Tulip merah muda melambangkan kasih sayang, perhatian, harapan baik dan cinta. Tulip ini juga simbol kepedulian. Ucapan selamat kepada seseorang atas pekerjaan baru, promosi jabatan atau kelulusan, tulip merah muda inilah pas untuk mewakilinya. Terkait dengan cinta, bunga ini mengatakan: “Kaulah kekasihku yang sempurna.”

Tulip merah

Tulip merah memiliki makna cinta dan gairah abadi. Bila Anda termasuk orang bertipe romantis dan dalam hubungan baru, nyatakan dengan tulip merah. Untuk dapat memenangkan hati seseorang, kirimi si dia seikat tulip merah yang indah!  Bunga ini mengatakan: “Percayalah kepadaku.”

Tulip putih

Tulip putih bermakna pengampunan, kemurnian dan kehormatan. Bila ingin menyampaikan permohonan maaf atau merayakan hari besar keagamaan kepada seseorang, ungkapkan bunga ini.

Tulip hitam

Bunga tulip yang satu ini melambangkan pengorbanan cinta dan kekuatan. Tulip hitam jarang ditemukan. Sebenarnya sih ia bukan berwarna hitam tetapi cukup gelap dan mendekati hitam.

Tulip kuning

Tulip kuning melambangkan keceriaan dan harapan!. Ia mengundang senyum pada wajah siapa pun. Menanam tulip kuning di kebun dalam rumah akan mendatangkan keberuntungan dan kemakmuran bagi Anda. Bunga ini mengatakan: “Ada cahaya mentari di dalam senyumanku.”

banner 300x250

Related posts

banner 468x60