Gebogan Sebagai Persembahan dan Ungkapan Seni  

  • Whatsapp
Parade gebogan
Sebuah parade gebogan dalam pembukaan PKB di Denpasar.
banner 468x60
  • GEBOGAN adalah bentuk persembahan sebagai ungkapan rasa bhakti dan terima kasih umat Hindu kepada Tuhan atas berbagai anugerah yang diberikan.
  • Selain sebagai bentuk persembahan, gebogan juga digunakan untuk dekorasi namun tidak dilengkapi dengan elemen banten

Bagi umat Hindu di Bali, persembahan kepada Tuhan tidak hanya berupa sesajen berupa canang dengan beberapa variannya dengan bunga berwarna-warni, tetapi juga bisa dalam bentuk beragam hasil bumi atau pertanian.

Salah satu persembahan yang memadukan hasil bumi ini dengan sesajen adalah gebogan atau juga dikenal dengan pajegan. Dari segi isinya, gebogan sebagai bentuk persembahan ini ada yang disebut gebogan buah lokal, gebogan bunga, gebogan jajan dan kombinasi dari ketiganya yang disusun sedemikian rupa agar kelihatan indah. Item yang lebih berat ditempatkan di bagian bawah. Kemudian, semakin ke atas bentuknya semakin kecil demi keseimbangan. Ini adalah persembahan sebagai ungkapan rasa bhakti dan terima kasih kepada Tuhan atas semua anugerah dan pencapaian lainnya.

Dengan beralaskan dulang atau wanci, sebuah tunas pisang setinggi 40-50 cm ditancapkan di atasnya. Pada batang pisang inilah kemudian ditancapkan isi gebogan tersebut apakah jajan, buah-buahan atau bunga. Kemudian pada bagian puncak biasanya ada canang sari. Kadang juga dilengkapi ayam panggang.

Karena ini sebuah persembahan yang tulus ikhlas, jadi tidak ada ketentuan baku terkait tinggi, buah apa yang harus digunakan dan lain-lainnya. Semua ini juga harus memperhitungkan ketersediaan tempat di pura dan kemudahan saat membawanya.

Pajegan untuk persembahan saat piodalan atau upacara di pura biasanya diusung oleh kaum remaja putri atau ibu-ibu. Sebagai alternatif atau bentuk yang lebih sederhana dari persembahan ini biasanya ditempatkan di dalam sokasi atau keben (bakul berpenutup). Walaupun sederhana, namun buah, jajan, bunga serta elemen banten upacara lainnya tetap lengkap.

Sementara gebogan untuk dekorasi biasanya tidak dilengkapi dengan elemen banten upacara karena fokusnya pada keindahan. Bentuk ini biasanya banyak digunakan pada dekorasi meja atau podium acara-acara resmi dan parade seni.

 

 

 

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60