Aurora, Kemilau Cahaya Nan Indah di Langit Kutub

  • Whatsapp
Illustration of aurora
Illustration of aurora. (Image by Noel Bauza on Pixabay)
banner 468x60
  • PESONA keindahan alam berupa cahaya di langit kutub yang bernama aurora memesona setiap orang yang melihatnya.
  • Pesona cahaya ini bisa disaksikan di langit kutub utara dan kutub selatan

Pembaca mungkin pernah mendengar tentang aurora atau cahaya fajar menari atau cahaya kutub. Warnanya pun sungguh luar biasa indahnya dan sangat unik. Dari segi lokasi kejadiannya, ada yang namanya Aurora borealis yang terjadi di langit kutub utara dan Aurora australis di langit kutub selatan.

Nama Aurora sendiri dalam Bahasa Latin berarti ‘fajar.’ Aurora juga nama dewi fajar Romawi Kuno. Sang dewi berkeliling dari timur ke barat untuk mengabarkan datangnya sang mentari.

Terjadinya Aurora

Secara ilmiah, cahaya menari ini terjadi karena adanya tabrakan antara partikel gas di atmosfer bumi dan partikel bermuatan yang dilepaskan dari atmosfer matahari yang kemudian masuk ke atmosfer bumi.

Suhu di permukaan matahari bisa mencapai jutaan derajat Celcius yang dapat memicu terjadinya tabrakan antarmolekul gas dan ledakan. Nah, elektron dan proton bebas terlempar dari atmosfer matahari karena perputaran matahari dan keluar melalui lubang di medan magnet. Angin matahari kemudian menghembusnya ke bumi dimana sebagian besar partikel bermuatan dibelokkan oleh medan magnet bumi. Karena medan magnet bumi lebih lemah di kedua kutub dan beberapa partikel masuk ke atmosfer bumi dan bertabrakan dengan partikel gas, akhirnya tabrakan ini memancarkan cahaya yang kita anggap sebagai aurora cahaya menari ini.

Warna Aurora

Warna aurora bisa berbeda-beda dan ini bergantung pada jenis partikel gas yang bertabrakan. Umumnya, aurora berwarna hijau kekuningan pucat. Fenomena ini dihasilkan oleh molekul oksigen yang berlokasi sekira 60 mil di atas bumi. Sementara warna serba merah dihasilkan oleh oksigen dan aurora biru atau merah keunguan dihasilkan oleh nitrogen.

Lokasi melihat aurora

Ada beberapa tempat terbaik untuk menyaksikan aurora ini yaitu di bagian barat laut Kanada, terutama di Nunavut, Yukon, wilayah barat laut dan Alaska. Di samping itu, ia bisa dilihat di ujung selatan Greenland dan Islandia, pantai Utara Norwegia dan di atas perairan pesisir utara Siberia. Sedangkan di kutub selatan, salah satu lokasi favorit untuk melihat penampakan aurora adalah di beberapa lokasi dari negara bagian Tasmania.

Waktu terbaik melihat aurora

Menurut inntravel.co.uk, waktu terbaik untuk melihat aurora borealis di Norwegia Utara adalah malam-malam panjang yang berlangsung antara akhir musim gugur hingga awal musim semi pada pukul 9 malam hingga pukul 1 dini hari (sekitar 21 September hingga 21 Maret).

Sementara itu, aurora australis di belahan bumi selatan bisa dilihat hampir sepanjang tahun namun yang paling lumrah adalah selama musim dingin dari bulan Mei hingga Agustus dan musim dingin equinoks pada bulan September.

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60