Pawai Pembukaan PKB ke-44 Dipadati Pengunjung

  • Whatsapp
Pembukaan PKB 2022
Partisipan pembukaan PKB 2022 membawa wadah air berupa periuk yang selaras dengan tema 'pemuliaan air sebagai sumber kehidupan.' (Foto: Nusaweek)
banner 468x60
  • PESTA Kesenian Bali ke-44 tahun 2022 dibuka oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian dan disaksikan pengunjung yang membludak dan penuh antusiasme
  • Pawai pembukaan PKB ini menjadi momen terbaik untuk menyaksikan beragam kesenian daerah dari seluruh Bali dalam satu kesempatan

Pesta Kesenian Bali tahun 2022 ini secara resmi dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Bapak Muhammad Tito Karnavian, yang didampingi langsung oleh Gubernur Bali, Wayan Koster, bersama Ny. Putri Suastini Koster, Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, bersama Tjok Putri Hariyani Ardhana Sukawati pada Minggu sore (12 Juni) di depan Monumen Bajra Sandhi, Kawasan Niti Mandala, Renon, Denpasar.

Sejak siang hari masyarakat sudah berdatangan dan memadati sisi timur, selatan dan barat Lapangan Puputan Margarana untuk bisa menyaksikan pawai pembukaan PKB tersebut. Tentu saja mereka sangat bersemangat karena sudah dua tahun sejak pandemi Covid-19 berlangsung pawai semacam ini ditiadakan. Ini menandakan mereka sangat merindukan acara kesenian Bali seperti ini.

Read More

Peed Aya (pawai) dimulai pukul 14.00 Wita. Sebanyak 24 peserta berpartisipasi untuk memeriahkan Peed Aya pertama pasca pandemi Covid-19 ini. PKB tahun ini mengambil tema besar “Danu Kerthi: Huluning Amreta” yang dimaknai sebagai pemuliaan air sebagai sumber kehidupan. Tema ini dipilih untuk mengimplementasikan visi pembangunan Bali 2018-2023 yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang diprogramkan oleh pemerintah Provinsi Bali di bawah kepemimpinan Gubernur Wayan Koster dan Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati.

Tema “Danu Kerthi: Huluning Amreta” diimplementasikan dalam setiap aktivitas seni yang meliputi Peed Aya (Pawai), Rekasadana (Pergelaran), Wimbakara (Lomba), Kandarupa (Pameran), Kriyaloka (Workshop/ Lokakarya), Widyatula (Sarasehan), dan Adi Sewaka Nugraha (Penghargaan Pengabdi Seni). PKB kali ini juga dirangkaikan dengan Pameran lndustri Kecil dan Menengah (IKM) Bali Bangkit di bawah koordinasi Dekranasda Provinsi Bali dimana semua acara ini diadakan di Taman Budaya Denpasar.

PKB tahun 2022 ini melibatkan 16.150 seniman dan 200 sanggar, sekaa, dan komunitas seni. Selain seniman dari berbagai daerah di Bali, Pesta Kesenian Bali tahun ini juga diikuti partisipasi luar daerah yakni Daerah Istimewa Yogyakarta, Papua, Batak, Lombok Sasak, dan Betawi.

Peserta pawai kesenian ini adalah duta dari kabupaten/kota se-Bali serta 13 partisipan lain yang membawakan garapan dengan tema yang sama, antara lain Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Museum Pasifika, Bank Indonesia berkolaborasi dengan Lembaga Perbankan Bali, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali, Universitas Udayana, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Universitas Hindu Indonesia Denpasar, Universitas Mahasaraswati Denpasar, Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, SMKN 3 Sukawati, dan SMKN 5 Denpasar.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60