Rujak Buni yang Mengundang Selera

  • Whatsapp
Rujak buni
Rujak buah buni dengan bumbu sederhana seperti garam, gula dan cabe. (Image: Nusaweek)
banner 468x60
  • RUJAK Buni memang menggiurkan walau baru hanya mendengar diucapkan atau melihat gambarnya.
  • Dengan warna berubah-ubah dari muda hingga matang, khasiat buah buni ternyata ada banyak bagi kesehatan kita

Buah buni yang kecil ini termasuk buah langka. Ketika masih muda, ia berwarna hijau krem. Saat mulai matang ia berwarna merah muda, kemudian terus memerah secara merata. Nah saat matang betul, buahnya berwarna hitam.

Enaknya dibuat apa ya buah buni ini? Ada banyak cara menikmati buah mungil ini. Salah satunya bisa dibuat rujak dengan menambahkan garam dan gula pasir (gula aren) secukupnya atau sesuai selera. Jangan lupa menambahkan cabe agar ada sensasi pedasnya.

Agar bumbunya meresap, ulek sedikit atau kocok buah buni ini. Bila ingin buah yang utuh, cukup diaduk-aduk dan tekan-tekan saja dengan sendok. Ketika bumbunya sudah tercampur, kuahnya yang berwarna merah atau merah kehitaman pun akan keluar. Tentu akan membangkitkan selera.

Khasiat Buah Buni

Dirangkum dari beberapa sumber, ternyata khasiat buah buni cukup banyak adanya.  Ia membantu untuk menjaga kesehatan tubuh dengan kondisi-kondisi sebagai berikut.

Mencegah hipertensi: buah buni bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan antihipertensi

Mengobati bisul dan gatal: sifat anti-inflamasi dan diuretic yang dikandung buah buni membantu mengatasi berbagai penyakit kulit seperti gatal karena alergi, gigitan nyamuk, bisul dan jerawat dengan cara mengoleskan buah buni yang dihaluskan pada bagian bermasalah.

Meningkatkan imunitas: kandungan vit C dosis tinggi pada buah buni membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, serta mencegah terjadinya kanker usus karena daging buah buni kaya akan serat.

Menjaga kesehatan mata: kandungan provitamin A pada buah buni mampu membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya mata rabun dini.

Memperlancar pencernaan: kandungan seratnya akan mengisi kekurangan serat dalam tubuh, sehingga sangat cocok dikonsumsi saat mengalami masalah pencernaan dan mencegah konstipasi.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60