Sayur Gonda Yang Menggoda Selera

  • Whatsapp
sayur gonda
Sayur gonda bumbu ulek.
banner 468x60
  • SAYUR gonda menghadirkan citarasa segar dan penghasil serat yang baik
  • Untuk mengolahnya, sayur gonda bisa disajikan dengan bumbu plecing, bumbu urap atau bumbu ulek bawang putih, cabe dan minyak kelapa

Gonda (dengan nama ilmiah Sphenoclea zeylani) adalah sejenis tumbuhan air yang biasanya mudah ditemukan di sawah daerah tropis seperti Indonesia. Kadang ia tumbuh sebagai gulma tanaman padi karena petani memang tidak ada menyebarkan benihnya.

Kendatipun sebagai gulma, ia bisa dimanfaatkan sebagai sayuran yang enak. Di Bali, misalnya, sayuran gonda ini sangat digemari. Gonda segarnya banyak dijual di warung-warung desa hingga pasar tradisional.

Ada petani yang sengaja membudidayakan tanaman gonda ini karena laris di pasaran dengan menanamnya di sela-sela tanaman padi atau di lahan terpisah.

Apanya disayur?

Pilih bagian pucuk tunas dan batang yang lunak. Kalau ukuran batangnya cukup besar, ada baiknya dibelah. Setelah itu direbus atau dikukus hingga matang atau lembut. Berikut ini cara menyiapkan sayur gonda bumbu ulek.

Bahan-bahan: 2 ikat sayur gonda, 1 siung bawang putih, 1 buah cabe, 1 sendok makan bawang dan cabe goreng, garam (secukupnya), jeruk limau dan minyak goreng.

  1. Ulek semua bumbu yang terdiri dari bawang putih, cabe dan garam di atas cobek. Jangan lupa menyertakan perasan air jeruk limaunya. (Sebagai alternatif, bila suka bumbu matang, bumbu yang diulek ini bisa ditumis sebentar).
  2. Setelah itu, tuangkan minyak goreng kedalam ulekan bumbu dan diaduk merata.
  3. Tiriskan dan peras sayur gonda yang sudah direbus tadi. Taruh dicobek dan aduk agar bumbunya meresap dengan merata.
  4. Nah, sekarang sayur sudah siap dihidangkan!

 

Keywords:

Sayur gonda

Bumbu plecing

Sayur gonda bumbu ulek

 

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60