Sport Tourism Memadukan Olah Raga dan Pariwisata

  • Whatsapp
Balap sepeda
Ilustrasi wisata balap sepeda. (Image: WonderfulImage.Kemenparekraf)
banner 468x60
  • SPORT atau olah raga bersinergi dengan pariwisata yang menghasilkan sport tourism atau wisata olah raga
  • Sama halnya dengan wisata leisure, wisata olah raga juga memiliki potensi bisnis yang tinggi yang mampu menggerakkan sektor-sektor penunjang pariwisata

Sport tourism atau wisata olahraga adalah perjalanan untuk mengamati atau berpartisipasi dalam acara olah raga. Biasanya, acara olahraga haruslah menjadi alasan utama perjalanan tersebut agar dianggap sebagai wisata olah raga.

Pariwisata dan olahraga adalah dua sektor yang saling terkait dan saling melengkapi. Olahraga–sebagai kegiatan profesional, amatir, atau rekreasi – melibatkan banyak perjalanan untuk bermain dan bersaing di berbagai tujuan dan negara. Acara olahraga besar, seperti Olimpiade, sepak bola, dan even kejuaraan  lainnya sudah menjadi daya tarik pariwisata yang kuat – memberikan kontribusi yang sangat positif bagi citra pariwisata destinasi tuan rumah.

Read More

Beberapa olah raga yang dikaitkan dengan ajang wisata misalnya lari marathon, balap sepeda seperti Tour de France, piala dunia, grand prix dan olimpiade. Dan yang cabang olah raga terbaru yang memaduka olah raga dan teknologo adalah esport atau kompetisi gim profesional.

Selain peserta yang berpartisipasi dalam olah raga tersebut, yang bersangkutan pasti juga biasanya mengajak keluarga atau temannya. Potensi bisnisnya adalah akomodasi, transport, restoran, atraksi wisata dan wisata belanja oleh-oleh.

Nah, selama berlangsungnya kompetisi atau even olah raga tersebut organizer MICE yang menangani perhelatan tersebut biasanya akan menempatkan hospitality desk di lobi hotel dimana para tamu peserta menginap. Selain memberikan informasi terkait acara kepada tamu peserta, hospitality desk juga menjual optional tour ke berbagai destinasi, wisata main golf serta perawatan spa.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60