Staycation, Trend Berwisata Terlahir di Tengah Badai Krisis

  • Whatsapp
Ilustrasi berwisata.
Ilustrasi berwisata.
banner 468x60
  • STAYCATION konon mulai populer di Amerika Serikat pada periode 2007-2009 terkait dengan krisis BBM di mana saat itu harganya mencapai puncaknya.
  • Dengan demikian mau tidak mau warga AS harus mengurangi pengeluaran mereka, termasuk dalam sektor perjalanan wisata

Ada satu lagi istilah baru bidang travel yang akhir-akhir ini sering digunakan yaitu staycation. Banyak agen travel online (OTA), hotel atau vila menawarkan paket staycation sebagai ceruk pasar baru. Secara harfiah, istilah ini dibentuk oleh dua kata Bahasa Inggris yaitu stay yang berarti ‘tinggal’ dan vacation yang berarti ‘liburan.’

Secara ringkas, staycation bisa diartikan sebagai suatu periode dimana seorang individu atau keluarga tinggal berlibur di akomodasi yang masih berada di kawasan tempat tinggal kesehariannya atau turut serta dalam kegiatan rekreasi dalam perjalanan sehari dari rumah namun tidak membutuhkan akomodasi semalam. Istilah lain yang mengacu kepada fenomena serupa adalah holistay (berasal dari dua kata Bahasa Inggris yaitu holiday+stay).

Sejarah Staycation

Ada sebuah sumber berupa blog perjalanan Connecticut yang menyatakan bahwa istilah staycation mulanya diciptakan oleh komedian Kanada bernama Brent Butt di sebuah acara televisi Corner Gas dalam episode Mail Fraud (2005). Istilah staycation ini menjadi lebih populer selama krisis keuangan yang melanda pada kurun waktu 2007-2009.

Lebih tepatnya lagi, istilah ini semakin populer digunakan di Amerika Serikat ketika harga BBM mencapai rekor tertinggi pada tahun 2008. Akibatnya, banyak orang mengurangi pengeluaran keuangan mereka, termasuk aktivitas mereka untuk berwisata atau tidak melakukan perjalanan berlibur ke destinasi yang jauh.

Fenomena serupa juga terjadi di Inggris pada tahun 2009 karena melemahnya nilai tukar poundsterling. Salah satu dampaknya adalah membuat biaya berlibur ke luar negeri menjadi lebih mahal. Oleh karena itu, masyarakat lebih memilih untuk berlibur di dalam negeri saja, bukan ke luar negeri. Nah, fenomena ini mereka juga istilahkan sebagai staycation.

 

Keywords:

Staycation

Agen travel online

Berlibur di dalam negeri

Berlibur di dalam kawasan tempat tinggal

banner 300x250

Related posts

banner 468x60