Taman Nusa Mengajak Menjelajahi Indonesia di Bali

  • Whatsapp
Ilustrasi Kesenian Tradisional Papua di Taman Nusa
Anjungan Papua dan salah satu kesenian tradisionalnya di Taman Nusa, Gianyar, Bali. (Image: Taman Nusa)
banner 468x60
  • RAGAM budaya yang unik dan keindahan alam Indonesia menarik minat wisatawan manca negara untuk menjelajahinya.
  • Bila sedang berlibur di Bali dan belum sempat ke masing-masing daerah, Anda dapat membuat kunjungan ‘kilat’ ke Taman Nusa di Gianyar yang merangkum keragaman budaya Indonesia tersebut

Indonesia negeri kita tercinta memiliki kekayaan budaya yang didukung oleh beragam suku, tradisi, bahasa daerah dan agama. Mereka tersebear dari Banda Aceh di barat hingga Papua di timur, dari Sangir Talaud di Utara hingga Pulau Roti di selatan.

Salah satu keunikan dari unsur budaya tersebut adalah dari segi arsitektur. Nah, jika Anda tidak punya cukup waktu untuk menjelajahi semua dan kebetulan sedang berlibur di Pulau Bali, Anda bisa mampir di Taman Nusa, Gianyar, Bali.

Apa itu Taman Nusa? Objek wisata ini berkonsep taman budaya yang mengadopsi keunikan budaya Indonesia. Di taman ini, pengunjung akan disuguhi berbagai informasi mengenai kebudayaan dari seluruh Nusantara.

Dibangun di atas lahan seluas sekitar 10 hektar, tiap-tiap bangunan dirancang berdasarkan informasi perjalanan waktu sejarah dan kebudayaan Indonesia dari masing-masing suku. Taman ini mulai dibuka untuk wisatawan pada tahun 2013.

Di pintu masuk ke Taman Nusa Bali, Anda akan melihat patung putih berbentuk orang yang sedang memainkan musik dan menari sebagai cerminan dari kekayaan kebudayaan dan adat Nusantara. Taman ini seperti layaknya representasi Taman Mini Indonesia Indah yang lebih kecil.

Setidaknya ada 60 buah rumah adat dari segala pelosok Nusantara dibangin di area taman ini. Bangunan rumah adat Indonesia yang unik ini dirancang dan dibangun menyatu dengan alam sekitarnya. Pengunjung mendapat kesempatan masuk ke dalam serta melihat-melihat isinya dan mengambil gambaran tentang kehidupan warga suku di Indonesia beserta tradisinya.

Pengunjung juga bisa menyaksikan diorama zaman prasejarah era primitif, masa perunggu, masa awal kemerdekaan hingga masa kini. Tokoh dan karya ditampilkan seperti dalam bentuk replika candi dan patung proklamator Indonesia Soekarno-Hatta.

Taman Nusa juga menawarkan beberapa paket wisata khusus kepada pengunjung. Semua paket wisata tersebut akan mengajak pengunjung menjelajahi dan melihat lebih dekat ragam budaya Indonesia di Bali yang meliputi sekitar 60 rumah adat, replika candi Borobudur, replika patung Gajah Mada, museum budaya, museum wayang, museum batik, perpustakaan, sanggar seni dan auditorium. Ada pula pertunjukan musik dan tari, belajar kesenian dan kerajinan tradisional.

Fasilitas yang amat diperlukan setelah berkeliling di taman adalah restoran di dalam area taman yang menyediakan masakan khas Indonesia dan masakan internasional. Harga setiap menunya cukup ramah di kantong. Nah, selamat mengenal dari dekat keragaman budaya Nusantara kita.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60