Taman Budaya Bali Setia Melestarikan Kebudayaan

  • Whatsapp
Panggung terbuka Ardha Candra
Panggung terbuka Ardha Candra di kompleks Taman Budaya Bali.
banner 468x60
  • PERNAH mendengar Taman Budaya Bali? Ya, ini adalah sebuah kompleks pusat kegiatan budaya yang terbesar di Bali saat ini.
  • Pementasan kesenian dari Pesta Kesenian Bali (PKB) tahunan digelar di sini secara tersebar di beberapa panggung, yang terbesar adalah Ardha Candra dan Ksiraarnawa. Di luar acara itu, kawasan ini dibuka setiap hari untuk wisatawan

Taman Budaya Provinsi Bali atau singkatnya Taman Budaya Bali adalah sebuah pusat kegiatan budaya yang memiliki misi sebagai tempat pelestarian dan pusat pengembangan budaya Bali. Kompleks pusat kebudayaan seluas 5 hektar ini berlokasi di Jalan Nusa Indah Denpasar.

Kompleks ini digagas dan didirikan pada tahun 1978 pada masa pemerintahan Gubernur Bali Ida Bagus Mantra. Sebagai salah seorang budayawan, beliau sangat peduli dengan pelestarian nilai-nilai budaya Bali. Setelah itu diadakan Pesta Kesenian Bali (PKB) setiap tahun selama sebulan yang bertepatan dengan liburan sekolah (pertengahan Juni-Juli).

Read More

Seluruh bangunan Taman Budaya Bali atau Bali Art Center ini didesain sesuai arsitektur tradisional Bali. Kompleks ini ditata rapi dan lokasinya dibelah oleh aliran sungai kecil.

Secara umum, kompleks bangunan Taman Budaya ini dibagi menjadi beberapa bagian, seperti kompleks bangunan suci, yang terdiri dari Pura Taman Beji, Bale Pepaosan, Bale Selonding, dan lainnya. Lalu ada kompleks bangunan tenang, yang terdiri dari Perpustakaan Widya Kusuma yang menyimpan buku-buku tentang sejarah Bali.

Berikutnya, ada namanya kompleks bangunan setengah ramai, seperti Studio Patung, Gedung Pameran Mahudara, Gedung Kriya, Wisma Seni dan Wantilan.

Bagian terakhir adalah kompleks bangunan ramai seperti panggung terbuka (ampiteater) Ardha Candra dan Panggung tertutup Ksiraarnawa. Kemudian ada juga panggung-panggung kecil yang disebut kalangan seperti kalangan Ayodya, kalangan Angsoka dan Ratna Kanda. Biasanya kalangan ini hanya digunakan untuk pementasan pada acara PKB.

Berbagai kesenian Bali yang sudah langka dan hasil restorasi juga dipentaskan di sini. Karenanya, masyarakat atau generasi muda akan bisa mengenal kekayaan budayanya.

Pada acara PKB juga sering dipentaskan kesenian dari daerah lain dan negara lain sebagai ajang perkenalan dan promosi budaya. Dengan demikian, Taman Budaya ini juga berfungsi sebagai ajang pertemuan dari berbagai budaya daerah di tanah air dan manca negara.

Destinasi wisata

Taman Budaya Bali juga difungsikan sebagai destinasi wisata. Dengan berkunjung ke sini wisatawan akan dapat memperkaya wawasan terkait berbagai informasi tentang kebudayaan atau kesenian Bali. Di sini ada beberapa bangunan dengan arsitektur khas Bali yang menggunakan bahan-bahan alami dan ornamen khas seperti patung, ukiran dan elemen taman.

Di sini ada juga beberapa hasil seni kriya seperti koleksi barong, topeng beserta pameran lukisan yang merupakan hasil karya seniman lokal

Bila ada rencana berkunjung ke sini, jadwal bukanya adalah setiap hari Senin – Kamis pukul 08:00 – 14:00 WITA, sedangkan untuk hari Jumat – Minggu buka mulai pukul 08:00 – 12:00 WITA. Sementara itu, pada hari-hari libur nasional, Taman Budaya tutup.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60