5 Daya Tarik Wisata di Qatar yang Tak Boleh Dilewatkan

  • Whatsapp
Safari Unta di Qatar
Wisata safari naik unta di padang pasir Qatar. (Image: Sidhik/ Pixabay)
banner 468x60
  • WISATAWAN di Qatar akan dimanjakan dengan berbagai atraksi dan destinasi wisata di sela-sela nonton Piala Dunia FIFA 2022
  • Ada penjelajahan padang pasir dengan safari unta, museum nasional dan olah raga perburuan dengan burung elang

Perhelatan Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar menyedot banyak wisatawan untuk meyaksikan pertandingan secara langsung. Selama di sana, tentu saja ada di antara mereka yang juga tertarik untuk menjelajahi atraksi atau destinasi wisata yang ditawarkan negara Qatar.

Sebagai gambaran ringkas, berikut ini ada beberapa aktivitas wisata yang sering diambil oleh wisatawan asing yang berlibur di Qatar.

Doha Corniche

Salah satu atraksi paling ikonik di Doha adalah Doha Corniche. Ini adalah sebuah kawasan pejalan kaki nan indah yang membentang sepanjang tujuh kilometer yang menghadap ke tepi laut yang tenang.

Dengan jalan setapak berbentuk bulan sabit di sekitar Teluk Doha, Corniche menawarkan pemandangan terbaik cakrawala moderen kota, yang menjadikannya sebagai pusat berbagai acara seperti perayaan Hari Nasional dan Hari Olahraga Nasional.

Falcon Souq

Secara harfiah, falconry (Bahasa Inggris) artinya “perburuan dengan memakai elang.” Olahraga ini memanfaatkan falcon (jenis elang atau alap-alap) atau yang lainnya dalam sebuah aktivitas berburu.

Di sini ada ruang pamer di mana burung-burung dipajang dan terlihat sedang beristirahat.. Ada juga aksesoris, makanan, dan barang penting lainnya seperti kerudung yang tersedia untuk pelaku olah raga ini. Burung-burung ini sangat dihormati, jadi pastikan kehadiran Anda tidak akan membahayakan mereka.

Olahraga ini memerlukan kesabaran dan ketekunan dalam melatih burung. Sang burung harus dapat dijinakkan dan diajari melakukan berbagai macam hal seperti terbang kembali ke tangan sang majikan atau berburu di ladang perburuan.

Film City

Kota Film atau Film City adalah tempat wisata Qatar yang masih menjadi misteri bagi banyak wistawan. Tempat ini sudah terkenal luas karena keindahannya dan pemandangan khas gurun yang dihiasi pohon kurma yang menakjubkan. Kota ini mengingatkan pada desa Badui kuno dan merupakan contoh yang sangat baik yang berkaitan dengan cara hidup penduduk desa di kawasan Teluk.

Sekilas, desainnya mirip sebuah pemukiman atau perkampungan dengan arsitektur khas Timur Tengah yang disertai fasiltias terpadu. Ada satu gerbang besar seperti one-gate system, benteng dan pemukiman. Sementara cat dindingnya seragam dan sangat ramah dengan lingkungan, yaitu mirip dengan warna tanah gurun yang kuning kecoklatan.

Belum diketahui secara pasti tentang asal-usul Kota Film ini. Sementara itu, banyak orang percaya bangunan tersebut dibuat sebagai set untuk lokasi pembuatan film atau serial televisi. Faktanya kini, Film City muncul sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Qatar.

Museum Nasional Qatar

Museum Nasional Qatar (NMoQ) menampilkan kekayaan warisan dan budaya Qatar. Semua komunitas disambut hangat di dalam ruang yang dinamis dan imersif untuk bersama-sama mencari informasi tentang masa lalu, masa kini dan masa depan Qatar.

Museum ini dirancang oleh arsitek pemenang Penghargaan Pritzker, Jean Nouvel. Secara garis besarnya, museum ini mengangkat dua tema utama yaitu Kehidupan Pesisir yang menyoroti aktivitas penyelaman mutiara, pernak-pernik dapur khas Qatar serta perniagaan di kawasan pesisir. Ada juga peninggalan sejarah berupa hasil penggalian di Zubarah.

Tema kedua adalah Mutiara dan Perayaan—di sni ditampilkan aneka mutiara yang berasal dari zaman Romawi hingga masa kini. Bahkan ada pula karpet dari India yang berhiaskan sekitar 1,5 juta mutiara.

Safari Unta di Doha

Aktivitas yang satu ini mengajak wisatawan menelusuri kawasan padang pasir selama 15-20 menit dengan naik unta. Tentu waktu segini sudah cukup memberi pengalaman unik dan menarik. Namun jika lebih lama hingga 1 jam tentu juga bisa.

Bila mencoba wisata naik unta ini, pastikan untuk mencengkeram sadel dengan kuat agar tidak jatuh ketika unta berdiri dan berlutut kembali. Namun demikian, tidak usah khawatir karena seorang pawang unta atau pemandu akan dengan senang hati membantu, dan bila perlu mengambil foto untuk wisatawan.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Piala_Dunia_FIFA_2022 dan berbagai sumber

banner 300x250

Related posts

banner 468x60