8 Festival Promosi Pariwisata Favorit di Bali

  • Whatsapp
Sanur Village Festival
Ilustrasi Sanur Village Festival. (Dok. Nusaweek)
banner 468x60
  • FESTIVAL budaya yang digelar di Bali seperti sudah menjadi magnet untuk menarik kunjungan wisatawan. 
  • Berikut ini adalah sejumlah festival budaya favorit yang rutin digelar di Pulau Dewata sebelum pandemi

Sebelum pandemi Covid-19 dan saat aktivitas pariwisata berjalan normal, sejumlah festival budaya diadakan secara periodik untuk menyemarakkan atraksi wisata di Pulau Dewata dan berlangsung hampir bergantian sepanjang tahun. Karena itu, wisatawan seperti dimanjakan dengan beragam festival di sela-sela kunjungan mereka.

Untuk mengingat kembali peristiwa-peristiwa tersebut dan sebagai referensi perjalanan wisata di masa depan, berikut kami merangkum delapan festival budaya yang pernah diadakan. O ya, untuk mendapatkan update informasi, kami juga sertakan alamat situs web masing-masing.

Bali Spirit Festival

Acara ini terinspirasi oleh upaya memulihkan kondisi dampak sosial-ekonomi Bali pasca tragedi bom Bali tahun 2002 dan 2005. Pada tahun 2008, Taman Purnati Center for the Arts yang berjarak 15 menit perjalanan dari pusat Ubud menggagas acara yang bernama Bali Spirit Festival.

Ini adalah pertemuan komunitas global dengan mengusung agenda utama yoga, tarian dan musik di Bali guna menggali inspirasi yang membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Festival berkelanjutan ini sudah menjadi atraksi bagi para wisatawan holistik yang menyukai yoga, menari, penyembuhan, gerakan, dan musik.

Kunjungi situs: https://www.balispiritfestival.com/

Waktu: April

Ubud Food Festival

Ubud Food Festival (UFF) adalah sebuah petualangan kuliner lintas budaya dengan sorotan utama pada makanan Indonesia. Festival ini memperkenalkan ragam masakan Indonesia yang kompleks kepada pecinta kuliner di seluruh dunia.

Acara ini memiliki agenda seperi demo memasak, wisata dan bincang-bincang makanan, lokakarya dan kelas master, musik dan pertunjukan, film dan pasar, petualangan kuliner lintas budaya yang memperkenalkan penonton kepada cita rasa tradisi kuliner tanah air, koki inovatif dan produk lokal yang luar biasa serta orang-orang yang berjasa dalam menyehatkan dunia gastronomi Indonesia.

UFF sendiri adalah acara tahunan yang digelar Yayasan Mudra Swari Saraswati dengan visi memperkaya kehidupan masyarakat Indonesia melalui program pembangunan komunitas dan budaya.

Kunjungi situs: https://www.ubudfoodfestival.com/

Waktu: Juni

Pesta Kesenian Bali

Acara budaya tahunan yang bertajuk Pesta Kesenian Bali (PKB) diadakan sejak tahun 1978. Melibatkan seluruh kabupaten dan kota di Bali, acara ini bertujuan untuk menggali, melestarikan dan mementaskan kesenian Bali.

Acara ini biasanya diawali dengan parade pembukaan yang melibatkan seluruh peserta. Kadang ada juga peserta undangan dari luar Bali dan luar negeri.  Seluruh aktivitas PKB yang berlangsung sebulan (pertengahan Juni-pertengahan Juli) diadakan di Taman Budaya Denpasar. Tema PKB selalu berganti setiap tahun sementara agenda pokoknya meliputi Rekasadana (pergelaran), Utsawa (parade), wimbakara (lomba), Kandarupa (pameran), kriyaloka (lokakarya) dan widyatula (sarasehan).

Kunjungi situs https://disbud.baliprov.go.id/pesta-kesenian-bali/

Waktu: Jun-Jul

Sanur Village Festival

Merespon keprihatinan atas dampak tragedi Bom Bali 2005 yang melumpuhkan pariwisata Bali, Yayasan Pembangunan Sanur (YPS) lalu berinisiatif mewartakan Sanur sebagai destinasi yang aman, nyaman  dan menarik untuk dikunjungi.

Melalui Sanur Village Festival ini, YPS bersinergi untuk mewadahi ragam kreativitas budaya warga Sanur yang meliputi aktivitas kuliner, kesenian, wellness, mata pencaharian, olah raga dan sebagainya. Potensi sektor pariwisata berbasis masyarakat menjadi dinamika yang diberikan ruang dan selanjutnya menjadi magnet kuat sebagai suguhan baru sekaligus identitas dari destinasi pariwisata Sanur. Festival ini sudah dimasukkan kedalam jajaran 10 kalender even pariwisata nasional.

Kunjungi situs http://sanurvillagefestival.com/id/

Waktu: Agustus

Nusa Dua Fiesta

Pesona Nusa Dua Fiesta bertujuan mewadahi semua aspirasi masyarakat, khususnya masyarakat sekitar yang ingin menampilkan ragam budayanya. Selain itu acara ini juga memberikan warna baru bagi liburan dan hiburan untuk dinikmati oleh wisatawan. Beragam musik dan atraksi berskala lokal, nasional dan internasional digelar di sini.

Secara garis besarnya, agenda fiesta yang digelar di kawasan ITDC Nusa Dua ini meliputi pementasan berbagai kesenian tradisi dan moderen serta kompetisi bidang kuliner, body painting, foto, video, dan lain-lain.

Kunjungi situs: https://nusaduafiesta.co.id/

Waktu: Oktober

Kuta Karnival

Kuta Karnival adalah sebuah festival promosi parwisata di Pantai Kuta. Berkat lokasinya yang strategis, acara in selalu dipadati wisatawan lokal, domestik dan internasional karena mereka ingin merasakan interaksi langsung dalam acara komunitas ini.

Acara ini menampilkan keseruan beberapa kegiatan atraktif seperti bidang festival layang-layang, festival masakan Bali, pameran kartun, pemutaran film, kompetisi patung pasir dan masih banyak yang lainnya. Salah satu unsur ikonik dari festival ini adalah keindahan Pantai Kuta sebagai lokasi acara. Karenanya, acara tidak boleh dilewatkan.

Kunjungi situs: —

Waktu: Oktober

Lovina Festival

Lovina Festival adalah pesta rakyat yang dikhususkan sebagai bentuk penyambutan bagi Yachter internasional yang singgah di kawasan Pantai Lovina.

Festival ini dipusatkan di tepi Pantai Lovina sekitar Desa Kalibukbuk dan Kaliasem. Dengan latar belakang keindahan pantai berpasir hitam dan panorama matahari tenggelam, acara ini memadukan pesona alam dengan hiburan menarik yang siap memberikan kenangan istimewa bagi setiap pengunjung pantai ini.

Beberapa agenda utama acara ini meliputi parade budaya, kelas memasak, pentas musik, kontes tarian moderen, festival layang-layang, sapi gerumbungan, permainan gangsing dan lain-lain. Acara ini bisa berbeda pada setiap penyelenggaraan.

Kunjungi situs: —

Waktu: September

Denpasar Festival

Diadakan setiap tahun menjelang tahun baru di pusat kota atau titik nol Kota Denpasar. Di kawasan ini terdapat banyak objek wisata seperti Lapangan Puputan Badung yang bersejarah, Museum Bali, Pura Jagatnatha, hotel tertua di Bali, kawasan Pecinan Jalan Gajah Mada, Pasar Badung dan Pasar Kumbasari.

Agenda utama Denpasar Festival meliputi pementasan kesenian tradisional, pameran produk UMKM, kuliner Bali, fashion khas Bali serta pameran foto.

Karena diadakan menjelang tutup tahun, acara ini sangat cocok untuk mengisi aktivitas liburan wisatawan yang sekaligus ingin merayakan Tahun Baru di Pulau Dewata.

Kunjungi situs https://kreativi.id/

Waktu: Desember

banner 300x250

Related posts

banner 468x60