Belalang Goreng Garing Base Genep

  • Whatsapp
Belalang goreng garing
Belalang goreng garing base genep (bumbu lengkap).
banner 468x60

GERIMIS kecil di persawahan yang sudah dibersihkan bisa menjadi ‘taman bermain’ bagi belalang. Ketika petani melewati tanggul, beberapa belalang yang bertengger di rumput akan jatuh ke air karena mereka terkejut. Untuk mencapai sisi tanggul, mereka harus berenang dengan menggerakkan kaki-kaki belakang.

Di masa lalu, suasana yang menyenangkan ini dimanfaatkan oleh anak-anak pedesaan di Bali, mungkin demikian pula halnya di tempat lain. Anak-anak membawa ketupat atau botol kaca yang kecil (tempat minman temulawak) karena saat itu belum ada botol air mineral seperti sekarang. Alat ini dibawa untuk mewadahi belalang hasil tangkapan. Mereka akan berlari di tengah sawah di bawah hujan gerimis dengan susah payah kendatipun hingga jatuh namun segera bisa bangkit kembali dengan penuh semangat.

Berburu belalang juga bisa dilakukan di area berumput di bidang sawah yang belum diolah. Dengan menggunakan sapu lidi, belalang yang berhamburan di rerumputan bisa ditangkap dengan mudah.

Anak-anak tidak hanya bersenang-senang dengan cara sederhana tetapi juga mendapatkan bahan lauk yang gurih. Belalang pengganggu ini sebenarnya bisa disulap menjadi lauk renyah dan lezat, belalang goreng garing. Jenis belalang favorit adalah yang memiliki sayap coklat muda, dada hijau, dada sisi kuning dan kepala bundar, dan yang hijau berkepala seperti tombak dan tubuh panjang.

Satu ketupat berukuran besar sudah cukup untuk menampung sekitar dua genggam belalang ini. Setelah itu, ketupat harus direndam di dalam air panas agar belalangnya mati. Kemudian, belalang diambil dan dibersihkan dengan baik dan ditaruh di sebuah wadah.

Goreng belalang yang sudah dibersihkan hingga garing. Siapkan base genep atau bumbu lengkap yang dihaluskan, yang terdiri dari 4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 iris kencur, 1 irisan kunyit, 1 kemiri, 1 cabai besar, 1 cabai kecil, ½ sdt garam and ½ sdt gula pasir, lalu ditumis hingga berbau harum. Masukkan belalang goreng ke dalam bumbu di wajan. Campur dengan baik agar seluruh bumbu benar-benar meresap. Nah, sekarang si belalang goreng garing ini sudah siap untuk disajikan.

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60