Jukut Ares Kakul, Sup Jadul Namun Enak

  • Whatsapp
Jukut Ares Kakul
Jukut Ares Kakul atau Sup Siput Sawah dipadukan dengan batang pisang muda.
banner 468x60

Siput atau kakul dalam Bahasa Bali adalah salah satu alternatif sumber lauk yang mungkin jarang dilirik. Sekitar satu dekade lalu, sangat mudah menemukan siput ini di sawah atau saluran irigasi atau di kolam. Namun di beberapa daerah di Bali siput sawah tersebut kini sudah bisa dikatakan hilang karena kehadiran keong emas. Siput itu sering dimanfaatkan untuk lauk oleh petani. Saat mengolah tanah atau membersihkan gulma di antara tanaman padi, siput tersebut mereka kumpulkan.

Nah, ketika dibawa ke dapur, bahan yang satu ini bisa menjadi santapan yang enak. Sajian terkenal yang terbuat dari siput dapat berupa sate atau sup yang enak disedot (tempat cangkang belakang dipotong terlebih dahulu). Sup lain yang tak kalah menggiurkan adalah sup siput yang dikombinasikan dengan batang pisang muda. Makanan yang juga dikenal sebagai ares ini biasanya ditemani oleh daging babi, ayam atau ikan laut. Sekarang ia bisa dihadirkan dengan resep sederhana berikut ini.

Bahan: secangkir daging siput rebus dan 1 batang pisang muda.

Bumbu yang dihaluskan: 5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 cabai besar, 2 cabai kecil, 1 kemiri, 1 irisan kunyit, 1 irisan jahe dan 2 irisan lengkuas, ½ sdt lada dan ½ sdt ketumbar.

Bumbu lainnya: 2 lembar daun salam, 1 batang serai (dimemarkan), 1 sdm minyak goreng, ½ sdt garam dan 750 ml air.

Cara pengolahan:

  1. Rebus siput sampai matang. Ambil daging (kepala) siput dengan cara menyuntik sementara ekornya dibuang.
  2. Kupas kelopak batang pisang yang dianggap keras hingga ditemukan yang empuk (enak dimakan). Iris tipis-tipis masing-masing sepanjang 1 cm. Taburi dengan garam dan sisihkan selama 10 menit. Lalu, peras untuk mengeluarkan airnya. Bersihkan dengan air panas lalu tiriskan.
  3. Semua bumbu ditumbuk halus, ditumis lalu diaduk-aduk hingga berbau harum.
  4. Bumbu yang ditumis di wajan ini ditambahkan dengan air, garam, daun salam, dan serai. Tunggu sebentar. Ketika sudah mendidih, silakan tambahkan dengan daging siput dan irisan batang pisang muda tadi. Sekali lagi, tunggu sampai mendidih dan irisan batang pisang muda tadi sudah matang.
  5. Angkat dan sekarang sudah siap untuk disajikan.
banner 300x250

Related posts

banner 468x60