Pesta Kesenian Bali 2021 Bangkitkan Kreativitas Pelaku Ekraf

  • Whatsapp
Poster PKB 2021
Poster PKB 2021. (Sumber: situs Disbud Prov. Bali)
banner 468x60
  • PESTA Kesenian Bali sebagai ajang festival seni tahunan digelar kembali tahun 2021.
  • Karena dalam situasi pendemi Covid-19, seluruh acara menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan diadakan indoor. Uniknya lagi, acara ini bisa juga disaksikan lewat Kanal YouTube Disbud Bali, BaliTV, TVRI Denpasar dan RRI Denpasar,.

Setelah tidak menggelar Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun lalu (2020), tahun ini Pemerintah Provinsi Bali kembali menghadirkan PKB ke-43. Acara ini yang diadakan secara hibrida (daring and luring) di Taman Budaya Denpasar (Art Center), Bali.

PKB adalah ajang festival kesenian Bali tahunan yang bertujuan memberikan ruang ekspresi serta media bagi kesenian tradisional Bali. Di sisi lain, ajang ini juga menjadi pusat hiburan gratis bagi masyarakat dalam suasana pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

PKB 2021 ini mengangkat tema “Purna Jiwa: Prananing Wana Kerthi (Jiwa Paripurna Nafas Pohon Kehidupan).” Tema ini bermakna memuliakan pohon atau hutan sebagai harmoni alam semesta menuju kesejahteraan hidup dengan jiwa yang maha sempurna.

Acara seni yang berlangsung hampir sebulan penuh ini (12 Juni-10 Juli) menampilkan aneka kegiatan budaya. Secara garis besarnya, aktivitas PKB meliputi rekasadana (pegelaran), utsawa (parade), wimbakara (lomba), kandarupa (pameran), kriyaloka (lokakarya), widyatula (sarasehan), dan adi sewaka nugraha (penghargaan pengabdi seni).

Dalam siaran pers Kemenparekraf (12 Juni), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, ketika memberi sambutan acara pembukaan di Taman Budaya, mengatakan bahwa secara filosofis PKB juga menjadi media dan sarana membangkitkan semangat, memotivasi masyarakat untuk menggali, menemukan, dan menampilkan seni budaya serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan.

Banyak hal berbeda dalam penyelenggaraan PKB pada masa pandemi tahun ini. Keseluruhan acara digelar di ruang tertutup (indoor) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Ada beberapa tempat di kawasan Taman Budaya Denpasar yang digunakan seperti Ksirarnawa, Gedung Natya Mandala ISI Denpasar, dan Wantilan Taman Budaya. Di samping itu, aktivitas tahun ini jauh lebih sedikit dibandingkan pada penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya.

Ilustrasi Pawai Budaya PKB
Ilustrasi Pawai Budaya luar ruang. (Dok. Nusaweek)

Perwakilan dari 9 kabupaten/kota se-Bali akan unjuk kepiawaian dengan membawakan beragam pergelaran seni klasik seperti gambuh, gambang, wayang wong, gamelan, topeng, wayang kulit dan sebagainya. Ada pula pertunjukan seni virtual dari Papua, tari tradisi Paser dari Kalimantan Timur dan tari klasik India.

Pawai luar ruang kini diganti dengan Peed Aya yang dihadirkan dalam format virtual yang digarap secara sinematografis. Selain indoor di Taman Budaya dan Kampus STSI Denpasar, acara-acara PKB 2021 ini dapat disaksikan lewat Kanal YouTube Disbud Provinsi Bali, TVRI Denpasar, BaliTV dan RRI Pro 4 Denpasar. Untuk mengetahui jadwal acara PKB, silakan lihat di sini.

 

 

 

 

 

 

 

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60